Sisters, bisnis agen perjalanan atau travel agent adalah salah satu sektor industri, tepatnya bidang pariwisata. Sektor ini di Indonesia memang sangat menggiurkan. Potensi alamnya pun sangat menjanjikan untuk diolah sebagai destinasi wisata lokal maupun mancanegara. Tak heran jika pertumbuhan agen perjalanan di Indonesia juga meningkat.
Dilansir dari situs lifepal.co.id, ada cara memulai bisnis travel agent dengan modal minim. Mau tahu caranya? Simak, yuk.
Mulai dari bisnis rumahan
Yup! Kamu bisa memanfaatkan rumah tinggal sebagai kantor. Kamu bisa menjadikan bisnis travel ini secara online, yang tidak membutuhkan banyak modal. Cukup bermodalkan jaringan internet yang baik, komputer yang memadai dan jaringan komunikasi seperti telepon.
Jangan lupa, buat website khusus bisnis travel kamu ini. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis ini dimana saja dan kapan saja.
Tapi jika punya modal lebih, kamu bisa membeli hak penjualan paket wisata dari travel agent yang menawarkan kemitraan atau waralaba. Kamu cukup membayar sesuai harga paket yang ditawarkan, kemudian bisa menjualnya lagi ke pelanggan. Hanya saja yang perlu diingat, dengan membawa merek dagang orang lain, bisnis yang kamu buat tidak dikenal masyarakat. Sebab, yang kamu pasarkan adalah produk travel agent lain yang kamu beli merek dagangnya.
Mengembangkan relasi
Setiap bisnis pastinya membutuhkan networking yang baik. Begitu juga dengan bisnis wisata, travel agent. Paling tidak, kamu harus punya kenalan biro perjalanan untuk bisa memulai bisnis ini. Nah, jika relasi tersebut sudah didapatkan, usaha agen perjalanan wisata ini pun bisa langsung kamu jalankan, Sisters.
Petakan destinasi wisata
Seorang agen perjalanan harus bisa membaca potensi daerah wisata yang akan dipasarkan. Keahliannya diuji di sini dalam memetakan lokasi tujuan wisata. Pastikan daerah tersebut berpotensi dalam jangka panjang. Hindari obyek wisata yang bersifat temporer. Selain itu, agen perjalanan juga harus mengetahui kapan waktunya melakukan promosi penjualan paket.
Di sini agen perjalanan wajib tahu, kapan musim liburan dan kapan masa sepi. Bila destinasi wisata yang dipasarkan ada di luar negeri, pahami juga keunggulan dan negara tujuan tersebut. Misalnya, di Belanda kapan bunga-bunga tulip bersemi. Sebab, ini bisa jadi nilai jual lainnya.
Buat paket menarik dan unik
Banyak pebisnis sektor ini yang berlomba-lomba menawarkan sesuatu yang berbeda, unik, dan menarik. Agar bisa dilirik konsumen.
Jadi, buatlah paket yang berbeda-beda, dengan begitu konsumen punya banyak pilihan untuk menentukannya. Bila perlu, lakukan juga riset pasar ke pesaing-pesaing travel agent untuk menentukan harga paket. Sudah jadi rahasia umum jika masyarakat lebih menyukai harga yang murah.
Daftarkan perusahaan
Opsi ini jika kamu membuat perusahaan saat membangun bisnis ini. Nah, pendaftaran nama perusahaan memang harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya terkait dengan hak cipta penggunaan simbol apapun terkait perusahaan yang kamu dirikan.
Strategi pemasaran
Perlu diketahui, potensi wisata baru di Indonesia mayoritas berawal dan tren atau viral di media sosial. Terlebih lagi dengan media sosial, kamu bisa meluaskan jaringan bisnis menjadi tanpa batas. Bahkan, calon wisatawan lokal atau wisman pun bisa kamu raih.
Tapi tetap harus diingat ya, media sosial juga memerlukan paket yang menarik dan kreatif untuk dipasarkan. Lagi-lagi, karena kecenderungan masyarakat yang menyukai tampilan visual.
Kembangkan bisnis
Kamu bisa mengandeng banyak pihak yang berhubungan dengan bisnis perjalanan seperti hotel, transportasi, restoran, atau bahkan pemerintah daerah. Semakin banyak pihak yang kamu ajak kerjasama, maka semakin besar pula keuntungan yang bakal kamu dapatkan.
Nah, kamu sudah siap memulai bisnis agen perjalanan, Sisters?