Sisters, jika kamu termasuk pebisnis online yang cukup aktif dalam melakukan pemasaran bisnis, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai iklan internet yang banyak digunakan selama beberapa tahun belakangan ini.
Sama seperti iklan pada umumnya, iklan internet juga tidak selalu berhasil dengan baik. Di dalam prakteknya, penerapan iklan bisnis bisa saja tidak efektif dan sesuai dengan tujuan, bahkan meski kamu sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik sejak awal.
Coba cek, deh, berikut ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi efektivitas iklan melalui internet:
Tingkat kejenuhan para pengunjung iklan
Tidak semua orang senang melihat iklan, apalagi jika sepanjang waktu mereka harus menemukan iklan yang sangat banyak di media yang mereka akses. Tingginya aktivitas promosi yang ditangani oleh penyedia layanan iklan, akan membuat berbagai iklan internet terpampang sepanjang waktu melalui berbagai media, seperti: email, banner iklan, pop-up windows, media sosial, dan yang lainnya. Semua ini akan membuat pengguna internet yang kamu sasar sebagai konsumen menjadi jenuh.
Waktu yang terbatas
Sebagian pengguna aktif akan menggunakan layanan internet untuk bekerja dan melakukan berbagai aktivitas penting lainnya. Kesibukan yang padat seperti ini akan membuat mereka hanya memiliki waktu yang terbatas untuk melihat atau bahkan membaca berbagai hal lainnya di luar pekerjaan mereka. Hal ini juga akan membuat iklan internet tidak efektif dan cenderung terabaikan, terutama oleh kalangan orang-orang sibuk seperti ini.
Biaya internet yang terbatas
Akses internet yang terbatas tentu akan menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar orang mengabaikan iklan. Tarif internet yang cukup mahal dan penggunaan layanan internet di waktu-waktu tertentu saja, akan membuat pengguna internet lebih selektif dalam mengakses berbagai konten. Mereka tidak akan memiliki waktu dan budget untuk hal-hal yang tidak perlu, termasuk untuk iklan yang mereka temukan melalui internet.
Perhitungan tarif iklan internet yang kurang adil
Penetapan tarif dengan CPM (Cost Per Thousands Impression) atau tarif untuk per seribu kali tayang di dalam iklan internet terbilang kurang adil. Pada dasarnya, tidak semua pengguna internet yang melihat tayangan iklan akan melakukan klik pada iklan tersebut. Jika pengguna internet tidak meng-klik iklan tersebut, maka tujuan pemasangan iklan ini tentu akan jauh dari harapan.
Nah, saat kamu akan menggunakan iklan internet untuk memasarkan produk kamu, pastikan kamu memilih jenis iklan yang tepat sejak awal. Selain itu, pertimbangkan juga media iklan yang paling sesuai dan bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli yang potensial di dalam bisnis tersebut. Hal ini akan membantu kamu mencapai tujuan pemasaran dengan lebih maksimal, Sisters.
Kamu ingin mempromosikan produk dari bisnis/usaha yang sedang kamu rintis? Iklanin di Toko Sister, aja! Lihat infonya di @sisternetid atau di website Sisternet, ya!