Sisters, salah satu startegi penjualan yang dilakukan dengan cara mendorong pelanggan agar mereka membeli prduk yang nilainya lebih tinggi dari produk yg sebelumnya diinginkan konsumen, dikenal sebagai teknik upselling.
Dengan kata lain, upselling adalah teknik pemasaran yang dilakukan untuk memengaruhi minat pelanggan.
Lalu pertanyaannya, bagaimanakah tips melakukan upselling di chat marketplace? Ini dia, nih!
1. Siapkan Produk Andalan
Sebelum melakukan upselling, kamu bisa menyiapkan produk yang bisa kamu tawarkan kepada konsumen. Misalnya produk komplementer atau produk tambahan, bisa memberikan lebih banyak manfaat. Kemudian produk paling laris yang dijual di tokomu, dan produk terbaru. Produk-produk ini bisa kamu coba untuk ditawarkan, ketika konsumen ingin checkout pesanan.
2. Tentukan Timing
Kamu bisa mempelajari bagaimana behavior konsumen tokomu. Misalnya ketika petugas kasir sedang meng-scan produk belanjaanmu, biasanya mereka menawarkan untuk membeli produk lainnya seperti pulsa, produk digital, serta ragam promo yang sedang diadakan dalam rentang waktu tertentu.
Nah, mungkin kamu bisa menawarkan produk-produk yang ada di poin 1 di atas ketika konsumen menanyakan beberapa pertanyaan di chat. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan ketika calon pembeli cukup lama merespon chat terakhir kamu.
3. Lakukan dengan Wajar
Jangan melakukan upselling terlalu agresif. Hal ini bisa membuat calon pembeli membatalkan pembelian. Kamu bisa memerhatikan apakah calon pembeli tertarik dengan penawaranmu, dan kapan mereka tidak tertarik sama sekali.
Ketika sudah tidak ada ketertarikan, maka lebih baik mengakhiri pembicaraan dan mengarahkan pembeli untuk melakukan checkout dan menerima pembayaran.
Well, demikian cara upselling yang bisa kamu lakukan, sehingga jualan kamu menjadi lebih laris manis, Sisters.
Semoga bermanfaat, ya, Sisters!