Sisters, kamu sudah pernah dengar istilah rekap orderan? Mengutip dari Smart Capital Mind, tanda terima pesanan atau rekap orderan adalah dokumen yang memberikan informasi tentang detail pesanan.
Penting bagi pembeli untuk meninjau ulang rekap orderan. Jika membuat rekap secara manual, bisa meningkatkan risiko terjadinya human error dalam pencatatan. Inilah pentingnya menggunakan aplikasi rekap orderan agar dapat mengotomatisasi pekerjaan ini. Selain hemat waktu, akurasi juga tinggi.
Dengan demikian, pekerjaan rutin seperti memeriksa rekap orderan sebelum dikirim ke pembeli, bisa diminimalisasi. Kamu pun bisa lebih fokus pada tahap order fulfillment selanjutnya.
Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa aplikasi rekap orderan penting untuk dimiliki para pebisnis. Simak, yuk!
1. Kemudahan Akses dan Hemat Waktu
Menyimpan rekap orderan digital di cloud mengoptimalkan alur kerja. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam memilah kertas untuk menemukan dokumen yang kamu butuhkan. Terlebih lagi, rekap orderan yang dicetak di kertas memerlukan pengambilan manual yang meningkatkan risiko kesalahan manusia.
2. Menghemat Biaya Operasional
Dengan menggunakan aplikasi rekap orderan, kamu akan menghemat uang dengan memanfaatkan rekap digital. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk kertas, tinta, dan mesin cetak.
Dengan menggunakan template sederhana, kamu dapat membuat rekap orderan digital yang profesional dengan cepat untuk dikirim ke email pelanggan.
3. Membuka Peluang Pemasaran
Saat kamu mengirim rekap orderan digital ke pelanggan melalui aplikasi rekap orderan, kamu akan memiliki akses ke alamat email mereka.
Kamu juga bisa mengirimkan sejumlah informasi kepada pelanggan. Misalnya, informasi produk atau layanan baru, meminta izin ke pelanggan untuk mengirim buletin, menawarkan program loyalitas, dan sebagainya.
4. Meminimalisasi Kerusakan dan Volume Penyimpanan
Dengan menggunakan aplikasi rekap orderan, kamu dapat meminimalisasi kerusakan dan ruang penyimpanan. Kamu tidak akan disesaki oleh banyaknya kertas yang tergeletak di sekitar ruang kerjamu atau kotak besar penyimpanan yang memakan tempat.
5. Efisiensi Kerja Antara Tim Berbeda
Karena semua dilakukan secara digital, kamu tidak perlu lagi mencetak dan menyerahkannya secara manual ke tim lain. Hal ini tentu akan menghemat banyak waktu. Dengan rekap digital, semua informasi dapat dilihat dengan jelas dan kamu dapat membagikannya kepada banyak orang tanpa membuat salinannya.
Karena rekap orderan disimpan di cloud, kamu dapat mengaksesnya dan mengirimkannya ke tim atau divisi lain di perusahaanmu. Hal ini bahkan bisa kamu lakukan saat kamu tidak berada di kantor.
6. Meningkatkan Pendapatan
Dengan aplikasi rekap orderan, kamu memiliki daftar email pelanggan. Kamu bisa meningkatkan pendapatan perusahaan.
Satu-satunya cara bagimu untuk memberi tahu pelanggan tentang pemasaranmu, yaitu dengan menggunakan alamat email yang diberikan pelanggan kepadamu.
Dengan lebih banyak pelanggan mengunjungi bisnis untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan, kamu bisa meningkatkan pendapatan secara signifikan.
Nah, Sisters, semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnismu, ya!