Sisters, Dalam dunia bisnis modern, pembuatan konten marketing yang menarik menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan jika kamu ingin menginginkan kemajuan dalam bisnis.
Melalui konten marketing yang menarik, kamu akan mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Ditambah lagi bahwa pada saat ini, hampir semua aktifitas pemasaran difokuskan kepada pemasaran digital, dimana hal ini berarti terfokus pada konten yang ditampilkan.
Untuk berhasil menarik perhatian target pasar, cobalah untuk membuat konten promosi dibuat dengan menarik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari target pasar, Sisters.
Jika saat ini konten yang kamu buat belum berhasil untuk menarik target pasar, maka berikut adalah lima tips yang dapat digunakan dalam membuat konten yang menarik. Simak, ya!
1. Buatlah konten yang berkualitas dan mengikuti tren
Cobalah untuk mengakses google dan lihat apa yang sedang menjadi bahan perbincangan saat ini.
Setelah kamu mengetahui tren topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, langkah selanjutnya adalah memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnismu.
Mulailah untuk mengaplikasikan tren yang ada ke dalam konten yang akan dibuat.
2. Kontenmu harus mendefinisikan audiens
Tanpa mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka butuhkan, dan dimana mereka biasa berkumpul akan mustahil bagimu untuk memiliki kesempatan menciptakan konten yang benar-benar mendidik, menghibur, dan mengubahnya pola pikir audiens. Pastikan konten yang kamu buat haruslah mampu mendefinisikan target audiensmu, Sisters.
Ketahuilah lebih dalam akan lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan karakteristik masing-masing audiens. Posisikan dirimu sebagai audiens dan mulailah memahami motivasi yang dimiliki.
3. Repurpose kontenmu
Sisters, kamu mungkin berpikir bahwa setiap konten yang dibuat harus merupakan konten original. Hal ini tentunya benar, akan tetapi terkadang melakukan repurpose untuk konten yang sudah pernah dibuat sebelumnya juga dapat menjadi sesuatu yang menarik.
Informasi lama yang sebelumnya pernah ditampilkan dapat kamu tampilkan kembali dengan cara yang berbeda, namun mengandung informasi yang sama.
Melakukan repurpose konten akan menghemat banyak waktu, namun dari segi hasil akan tetap mampu menarik audiens-audiensmu tentunya.
4. Promosikan dan distribusikan kontenmu
Tugas kamu tentunya tidak berhenti saat berhasil membuat konten yang hebat saja, Sisters. Setelah konten telah dibuat, langkah selanjutnya adalah untuk mendistribusikannya.
Distribusi konten dapat dilakukan melalui sosial media, website, blog, dan channel promosi lainnya. Pastikan kamu mendistribusikan konten yang dibuat secara rutin agar lebih banyak audiens yang didapatkan, Sisters.
5. Tetapkan tujuanmu
Sisters, di saat awal kamu mencoba membangun setiap konten marketing yang ada menjadi lebih menarik, kamu hanya akan mendapatkan lebih banyak target audiens yang melihat bisnismu, Sisters.
Lebih banyak orang mengetahui apa yang kamu lakukan, dan siapakah kamu. Contoh: Saat di tahap awal kamu akan menargetkan dibuat biasa akan berupa pengenalan-pengenalan akan bisnis, company profile, dan lainnya.
Segera setelah brand awareness sudah dicapai, kamu mungkin akan mulai menetapkan tujuan menjadi peningkatan penjualan, maka di sini konten yang dibuat berupa promo-promo, dan sebagainya. Menentukan tujuan akan menentukan arah konten marketing yang dibuat.
Nah, segera setelah kamu berhasil membuat konten marketing yang menarik, akan banyak bermunculan audiens yang dapat menjadi target konsumen potensial bagimu.
Tujuan akhirmu berupa peningkatan penjualan akan menjadi tolak ukur dalam keberhasilan konten marketingmu. Namun, sebelum terjadinya hal ini, pastikan kamu dan sumber daya bisnis yang dimiliki telah cukup, ya, Sisters.
Nah, gimana, Sisters, nggak sulit bukan?