Sisters, kamu tentu sering melihat pengguna aplikasi dan influencer membagikan kode-kode unik tertentu, kan? Entah di sosial media, YouTube, atau platform online lain. Yup, itu adalah kode referral. Memangnya kenapa sih mereka gencar menyebarkan kode referral tersebut?
Jangan salah, program referral code tersebut bisa sangat menguntungkan, lho. Kamu bisa mendapatkan diskon pembelian sampai komisi yang besar. Tentu, untuk mendapatkan keuntungan dari kode referral kamu harus mengerti cara menggunakannya.
Lantas, apa itu kode referral, fungsi, dan cara kerja kode referral? Serta bagaimana cara menggunakannya? Jangan khawatir! Jika kamu masih belum paham, di artikel ini kami akan menjelaskan tentang referral code secara lengkap. Pastikan kamu simak hingga tuntas, ya.
Kode referral adalah kode unik berupa angka, huruf, simbol atau kombinasi dari semuanya. Kode ini digunakan untuk mengajak orang bergabung ke dalam keanggotaan suatu platform atau melakukan pembelian suatu produk yang akan berakhir dengan pemberian hadiah.
Referral code juga ada yang berupa tautan. Tautan ini bisa mengarah langsung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunduh atau mendaftar akun.
Pemegang kode bisa membagi-bagikan referal ini dengan teman atau keluarga untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Seperti diskon produk, cashback, sampai komisi.
Di e-commerce, kode referal biasanya ditawarkan untuk diskon. Jadi ketika pengguna berbelanja online, mereka dapat menerapkan kode mereka saat checkout dan diskon tersebut langsung diterapkan.
Pada jenis bisnis lain, referral code ditawarkan berupa hadiah seperti komisi bagi kedua belah pihak (pemilik referral code dan pengguna kodenya).
Banyak orang yang menganggap kode referral dan kode voucher/promo itu sama. Padahal keduanya jelas berbeda, lho. Kode promo biasanya dibuat langsung oleh perusahaan guna meningkatkan transaksi penjualan.
Agar promosi pelanggan bisa berjalan efektif, biasanya program referral code juga memberikan diskon bagi pengguna. Itu mengapa kode referral dan kode voucher mirip.
Perbedaan lainnya terletak pada jangka waktunya. Kode voucher memiliki masa aktif dan hanya bisa digunakan sekali. Sedangkan kode referral bersifat berkelanjutan dan relatif tidak memiliki masa aktif. Jadi, selagi referal digunakan oleh orang baru, maka pemilik kode referral akan terus mendapatkan keuntungan.
Bisa dikatakan cara kerja kode referral sebenarnya cukup sederhana, lho. Kira-kira, begini tahapannya:
1. Buat Kode Referral
Kode referal biasanya akan dibagikan secara otomatis kepada setiap pengguna aplikasi atau member program tertentu.
Referral code yang diterbitkan berbeda-beda untuk setiap penggunanya. Pada beberapa aplikasi, masing-masing pengguna juga bisa melakukan kustomisasi kode sesuai yang diinginkan.
2. Menyebarkan Kode Referral
Kode referal ini bisa didistribusikan oleh setiap pengguna ke platform mana saja. Seperti melalui media sosial, promosi lewat blog atau website, pesan broadcast, dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya.
Setiap orang dapat menggunakan kode tersebut, kecuali bagi pengguna yang telah mendaftar dengan akun yang sama sebelumnya.
3. Redeem Kode Referral
Ketika referral code tersebut digunakan oleh pengguna lain, maka sistem akan mendeteksi dan mengumpulkan data. Penyedia referral code akan melakukan verifikasi dari akumulasi penggunaan kode referral.
4. Mendapatkan Keuntungan
Setelah verifikasi, sistem akan memberikan sejumlah keuntungan kepada pemegang kodenya sesuai kebijakan. Biasanya, rewards program referral ini berupa poin, komisi uang, promo diskon, dan lain sebagainya.
Referral code merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis yang akan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, dalam hal ini perusahaan dan konsumen.
Berikut manfaat program referral code bagi pengusaha:
1. Menjaring Konsumen Lebih Banyak
Kode referral merupakan strategi bisnis yang mampu menjangkau lebih oleh banyak orang, lho.
Misalnya saja, data dari extole.com mengungkapkan bahwa perusahaan B2B dengan promosi referral memiliki rasio konversi 70% lebih tinggi. Selain itu, pelanggan yang dirujuk ke suatu merek memiliki kemungkinan hingga 5x lebih besar untuk menggunakan program rujukanya.
Menarik, bukan? Kamu juga dapat melihat data kepercayaan orang terhadap program referral pada gambar di bawah ini.
2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Keuntungan referral code lainnya untuk pengusaha yaitu meningkatkan loyalitas konsumen. Karena selain berbelanja, konsumen juga bisa mendapatkan untung dari program referral code tersebut seperti diskon, komisi, dan lainnya.
Dengan hadirnya beragam keuntungan dari program referral code ini, kedepannya konsumen akan lebih memprioritaskan layanan atau produk tersebut.
3. Membuat Nama Perusahaan Lebih Dikenal
Tentu, setiap perusahaan harus melakukan promosi agar produknya dapat dikenal lebih luas, bukan? Kini semua perusahaan berlomba-lomba melakukan promosi produk dengan cara yang efektif. Menggunakan kode referral adalah salah satunya.
Jangkauan promosi program referral ini bisa lebih efektif, lho. Pengguna dapat mendistribusikan kode referral-nya ke mana saja secara personal. Dengan begitu, perusahaan akan terbantu untuk promosi di channel-channel yang tidak terjangkau sebelumnya.
Lewat referral yang lebih personal, kepercayaan pelanggan lain terhadap bisnis dapat meningkat. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis, tentunya akan semakin meningkatkan penjualan.
4. Meningkatkan Transaksi Penjualan Produk
Siapa sangka, program referral juga mampu meningkatkan transaksi penjualan produk. Biasanya orang yang membagikan kode referral juga akan memberikan testimoni dan menyebutkan keunggulan dari produk.
Sebuah studi dari referralcandy.com mengungkapkan, bahwa kode referral dipercaya oleh 86% pelanggan. Seorang konsumen juga 50X lebih mungkin untuk membeli produk ketika direkomendasikan oleh teman dekat atau keluarga mereka. Konsumen lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari orang terdekat ketimbang iklan bersponsor.
Nah, dengan begitu, kode referal akan menjadi faktor pendukung yang baik untuk membuat pelanggan melakukan pembelian produk.
5. Menghasilkan Konten Promosi yang Beragam
Program kode referral mendorong lebih banyak konten untuk perusahaan, lho. Mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari kode referral akan ‘dipaksa’ membuat konten promosi yang menarik.
Beberapa pelanggan akan mempromosikan kode referal mereka dengan konten-konten yang menarik di YouTube, Reels Instagram, blog, dan sebagainya untuk mendapatkan imbalan dari program referral ini.
Dengan banyaknya konten promosi yang dibuat, maka perusahaan akan lebih bisa menghemat anggaran promosi.