#Sisterpreneur Mellisafood: Mencoba Memberi Solusi Bagi Perempuan Berkarir Untuk Bisa Tetap Menyediakan Santapan Keluarga
Hai sis!
Salam kenal, aku Novia Rinda Ariyanti. Seorang perempuan berusia 26 tahun yang mencoba berkarya di bidang kuliner. Membuat makanan jadi kegiatan yang menyenangkan bagiku. Apalagi saat mengetahui ada orang lain yang ikut jadi bahagia karena makanan buatanku. Sejak 2018 lalu, aku mulai merintis usahaku dengan brand Mellisafood. Melalui Mellisafood, aku menjual beragam jenis makanan, mulai dari cake, frozen food (risoles, kebab, sosis solo, cimol keju, cireng isi ayam, donat, siomay, dimsum mentai, dan lain-lain), kue basah, kue kering, serta aneka lauk pauk. Karena belakangan ini penjualan bisa dilakukan dengan sistem online, aku juga mencoba memasarkan produk Mellisafood di toko online maupun media sosial seperti Instagram (@mellisafood).
Sejauh ini, tanggapan dari para konsumen Mellisafood cukup positif. Mereka bilang makanannya punya cita rasa tersendiri yang bikin mereka ingin terus membelinya. Melihat itu semua, aku jadi ingin memperluas lagi jangkauan pelayanan Mellisafood. Namun, menurutku penjualan Mellisafood bisa lebih optimal dengan strategi marketing berbasis digital. Sekarang, orang-orang terutama yang tinggal dan bekerja di ibukota sedekat itu dengan ponselnya. Hampir semua informasi dipaparkan melalui dunia digital. Jadi kupikir, Mellisafood bisa menjangkau lebih luas lagi bila strategi pemasarannya tepat sasaran dan tepat guna. Di ibukota ini, bukan hanya bapak-bapak yang bekerja mencari nafkah, tapi ibu-ibu juga banyak yang bekerja. Gak sedikit juga dari mereka yang merasa kewalahan menyiapkan makanan untuk keluarga karena kegiatannya di tempat kerja. Hal ini, jadi salah satu motivasi aku untuk bisa bantu mereka menyiapkan makanan untuk keluarganya.
Karena Mellisafood ini kujadikan sebagai penyaluran hobi memasakku, aku membuat produk-produknya dengan sepenuh hati. Aku percaya, apa yang diberikan dari hati, akan sampai juga ke dalam hati. Senang rasanya jika hasil karyaku bisa menjadi manfaat bagi yang lain. Dengan ikut Program W20 Sispreneur ini, aku ingin menimba lagi ilmu kewirausahaan agar Mellisafood bisa tumbuh dengan baik. Rencananya sebagai langkah awal, aku ingin memperbaiki lagi konten-konten di media sosial supaya lebih menarik. Lalu, aku ingin mengembangkan bisnisku dengan membeli bahan dan alat-alat yang lebih bagus lagi untuk menunjak produktivitas Mellisafood. Selain itu, aku mulai terpikir juga ingin menambah SDM untuk membantu kegiatan produksi.