Perempuan Berkarya, Berdaya dan Berdampak Bersama melalui Usaha Carakabumi #Sispreneur
Halo sister, Kenalkan Nama saya Hilda.
Bahagia bagi saya adalah ketika bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Sejak kuliah, saya berkeliling Indonesia menjadi relawan untuk berbagai kegiatan sosial baik untuk isu lingkungan,pendidikan, maupun perempuan. Saya selalu merasa berenergi ketika melihat orang lain terbantu. Berkegiatan sosial merupakan kebutuhan untuk batin saya.
Memasuki fase menjadi seorang ibu, Saya merasa ruang gerak saya berkurang drastis. Saya tidak bisa lagi berpindah dari satu tempat, ke tempat lain untuk berkegiatan sosial. Hal tersebut mengurangi kebahagiaan dan energy saya. Tak ingin terus terpuruk, akhirnya saya mendirikan Carakabumi agar dapat kembali memberdayakan diri dan masyarat. Carakabumi adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang kriya/kerajinan/craft, malalui pembuatan green souvenir pernikahan yang memberdayakan perempuan-perempuan di sekitar. Saya memulai carakabumi dengan membuat produk souvenir benih tanaman, souvenir yang sekaligus menjadi media greencampaign bagi penerimanya agar mau untuk menanam. Selanjutnya, Carakabumi terus membuat inovasi produk ecofriendly souvenir yang tak hanya bebas dari penggunaan plastic, tapi juga memanfaatkan “sampah” di sekitar seperti souvenir ecoenzym, boneka dari limbah kayu, dll. Carakabumi didirikan tak hanya untuk mendapatklan profit semata, namun juga bertujuan mengampanyekan gaya hidup selaras dengan alam (ramah lingkungan).
Tak hanya itu, Carakabumi berkarya bersama para perempuan . Kami mengajari ibu-ibu di sekitar bagaimana membuat green souvenir, sehingga mereka dapat menambah penghasilan dari rumah. Ada perempuan sepuh, ibu tunggal yang membiayai anaknya sekolah, ada buruh serabutan, dan ibu yang kesulitan ekonomi karena terlilit hutang .
Keterbatasan modal tak menyurutkan langkah saya untuk dapat mengembangkan carakabumi. Dimulai dari memanfaatkan smartphone untuk berjualan secara online, belajar marketing mulai dari nol, melakukan riset, dan menerapkan quality control yang baik, pada bulan ke-empat Carakabumi mampu menjual lebih dari 5.000 pcs greensouvenir dan mencapai 12.000 pcs lebih pada bulan ke –delapan. Jika awalnya Carakabumi hanya mempekerjakan 2 perempuan, kini Carakabumi bekerja bersama 14 perempuan di Bogor dan Kediri dalam menyediakan green souvenir untuk masyarakat.
Kenapa Saya ingin bergabung dalam program Inkubasi Bisnis W20? Yang pertama Saya ingin mengembangkan ilmu untuk scale up bisnis, Memperluas wawasan dan insight dalam sebuah komunitas agar lebih memperkaya diri dalam menghadapi tantangan pengembangan bisnis. Ketiga Saya ingin mengembangkan potensi melalui mentor yang berkompeten dan berpengalaman untuk mendapatkan insight yang tidak bisa saya dapatkan hanya dengan membaca. Keempat Saya ingin memperluas Jejaring, bukan hanya untuk jejaring bisnis tapi juga gerakan sosial sebagai ruh didirikannya carakabumi, Kelima , Mendapatkan funding. Bagi saya adalah bonus, agar dapat mempercepat dalam mewujudkan milestone pengembangan Carakabumi untuk menjadi market leader greensouvenir. Saat ini Carakabumi belum memiliki Green workshop , kami masih mengoptimalkan toko online baik di sosial media maupun marketplace. Harapan Carakabumi ke depan adalah memiliki workshop dan platform digital yang tidak hanya befungsi sebagai tempat display produk, tapi juga tempat untuk belajar membuat produk-produk ramah lingkungan untuk masyarakat.