Hi Sisters!
Nama saya Caramia dan saya sudah berkreasi sejak saya berusia 3 tahun. Saya menjalani hidup dengan mengetahui bahwa saya pandai seni tetapi tidak pernah tahu itu adalah kesempatan sampai saya memulai merek saya Tioria oleh Caramia di awal 2017. Tioria datang dari 2 hal- yang pertama adalah saya tidak melihat merek yang menggambarkan Indonesia “bite-size” dan dengan cara yang menyenangkan, dan dua- saya kurang cocok di tempat kerja saya.
Saya memulai bisnis dengan uang hasil penjualan mobil di USA setelah selesai dan tabungan dari gaji saya. Walaupun saya telah mengambil beberapa kursus bisnis di perguruan tinggi, sebagian besar pelatihan saya berlatar belakang artistik. Saya belajar sebagian besar dari Google dan YouTube dan banyak kesalahan selama beberapa bulan pertama saya berbisnis. Salah satu kesalahan terbesar yang saya buat adalah saya ingin membuat produk yang disesuaikan dengan preferensi pribadi saya, bukan kebutuhan pelanggan. Kombinasi ego dan kurangnya pengalaman ini hampir merugikan bisnis di tahun pertama.
Ketika saya mencapai 200 ribu Rupiah di dalam rekening yang terakhir, saya menyadari bahwa saya dalam masalah dan harus kembali ke papan gambar. Saya menonton hampir setiap episode yang bisa saya dapatkan terkait dengan bisnis seperti Shark Tank, dan bertanya ke siapa saja yang bersedia untuk membantu saya dari sisi knowledge maupun experience. Benjolan dan memar itu membuat saya (akhirnya) memahami bahwa kekuatan bisnis saya selaras dengan kekuatan saya sendiri dalam warna dan cetakan yang akhirnya menghasilkan produk terobosan pertama kami - selendang Bajaj Jakarta, produk yang terinspirasi oleh frustrasi saya terhadap kemacetan lalu lintas di Jakarta.
Deskripsi Gambar : Salah satu desain yang paling iconic - scarf Bajaj Jakarta. Sebuah produk yang menceritakan sedikit tentang kota Jakarta.
Deskripsi Gambar : Salah satu desain kami sebagai finalis Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award terbuat dari scarf bertema Kota Tua.
Sejak saat itu Tioria menjadi tempat orang-orang berkata “Indo banget” dan “lucu amet”. Tioria juga memungkinkan orang untuk menikmati dan mengalami bagian dari budaya Indonesia tanpa harus melihat barang yang sebenarnya atau melakukan perjalanan ke lokasinya. Dari motif yang terinspirasi dari becak, tukang sayur, delman, lokasi seperti Kota Tua, Danau Toba, kami merayakan lokasi dan budaya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Pendekatan tersebut memungkinkan kami untuk menghadiri bazaar tidak hanya lokal tetapi juga internasional seperti di Shanghai, Singapura, dan Amerika Serikat.
Deskripsi Gambar : Setelah event Treasures of Indonesia di Los Angeles, Amerika
Deskripsi Gambar : Booth kami di Treasures of Indonesia di Los Angeles, Amerika
Deskripsi Gambar : Tioria terpilih untuk di feature di CNN untuk program BeliKreatifLokal dari Kemenparekraf
Ketika Covid datang pada tahun 2020, bisnis kami terpukul dan semua aliran pendapatan offline kami terhenti. Mungkin #Sispreneur lain merasakan dampak Covid juga? Kami berputar secepat mungkin ke bisnis online. Kami menggunakan apa pun yang kami miliki saat itu dan belajar cara menggunakan Instagram dan setiap platform media sosial lainnya. Itu adalah waktu yang sangat menantang bagi bisnis kami, tetapi memungkinkan kami untuk meninjau kembali apa yang paling penting tentang bisnis ini - penceritaan kisah yang otentik dan menyenangkan.
Kami merasa terhormat untuk menjadi bagian dari Program Inkubasi Bisnis W20 sehingga kami dapat belajar dari para ahli,#Sispreneur lain, dan memperluas jaringan kami dan berharap bahwa pengetahuan dan wawasan tersebut akan membantu meningkatkan bisnis kami melalui koneksi dan keahlian. Dengan dana tersebut, kami berharap dapat memperluas jangkauan kami sebagai merek yang bekerja sama dengan Key Opinion Leader yang tepat. Kami juga berharap dapat menggunakan dana dari kompetisi program inkubasi bisnis untuk mempekerjakan tim kreatif membuat lebih banyak konten melalui TikTok, Instagram Reels, dan YouTube dan mengeksplorasi produk-produk baru yang ramah lingkungan.
Tioria by Caramia 2020 Holiday Photoshoot
Saya ingin Tioria menjadi contoh bagaimana kita dapat membawa warisan budaya ke dalam kehidupan modern kita sehari-hari. Kami percaya warisan penting bagi masyarakat dan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.
Website: https://tioriacaramia.com/
Instagram: https://www.instagram.com/tioriabycaramia.official/
Facebook: https://www.facebook.com/tioriacaramia
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCGlfWSPN0iPkDfGBE9ESqrg
TikTok: https://www.tiktok.com/@tioriabycaramia.official
LinkedIn: www.linkedin.com/company/tioria-by-caramia