Sisters, tidak bisa dipungkiri bahwa musim libur saat Ramadan hingga Idul fitri memang menjadi musim yang sangat subur khususnya UMKM yang menjual produk pakaian jadi dan makanan.
Namun, para pebisnis termasuk UMKM juga harus mengetahui dan menyiapkan strategi untuk meningkatkan penjualan. Berikut tips serta strategi yang dapat dilakukan agar dapat memaksimalkan momen Ramadan:
Pastikan Bahan Baku hingga Produkmu Sudah Siap
Pada bulan Ramadan hingga Idul Fitri pastinya penjualan produk fashion akan meningkat. Para UMKM sangat disarankan untuk menyiapkan produk yang akan mereka jual selama Ramadan dan memperhatikan ketersediaan produk dan cek inventory secara berkala.
Baca juga: Digital Transformation, Penerapan Teknologi untuk Strategi Bisnis
Perhatikan dan Siapkan Strategi Pemasaran serta Penjualan
Sangat disayangkan ketika sudah menyiapkan barang atau produk yang banyak tetapi tidak tahu bagaimana cara memasarkan serta menjualnya.
Kalian bisa memaksimalkan eksistensi online, sajikan foto produk yang menarik hingga memberikan promosi spesial. Para UMKM dapat menggunakan media online atau sistem endorsement di Instagram dengan jasa influencer.
Siapkan Modal Lebih
Musim Ramadan dan Idul Fitri adalah musim yang subur bagi para pengusaha. Maka dari itu, modal kerja dalam menyambut musim tersebut sangatlah penting.
Biaya produksi, operasional serta penopang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Jika kamu ingin menjual produknya secara online maka modal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah alat pendukung seperti laptop atau ponsel.
Baca juga: Jangan Abaikan 3 Data ini Saat Menyusun Strategi Bisnis!
Aktif Berkomunikasi Dengan Pelanggan
Menjaga komunikasi dengan baik bersama pelanggan merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk pemasaran serta penjualan. Mengingat bahwa sebagai pelaku bisnis kita harus tetap menjaga target pasar kita maka gunakanlah cara komunikasi yang efektif. Saat ini sudah banyak platform yang bisa digunakan seperti media sosial yang banyak digunakan oleh para pelanggan.