Sisters, tak bisa dipungkiri bahwa selama masa pandemi ini berbelanja secara online merupakan pilihan yang memudahkan banyak orang. Kita bisa tetap stay di rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Hal ini secara tak langsung dapat juga menjaga kelangsungan bisnis pengusaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Tapi tahukah kamu bahwa ternyata masih ada pengalaman-pengalaman tidak menyenangkan yang dirasakan konsumen dalam berbelanja online. Nah, untuk itu, simak hal penting yang perlu konsumen lakukan lakukan saat menerima pesanan online, melansir Tokopedia.
Jangan Buru-buru Klik ‘Selesaikan Pesanan’
Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika konsume sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan ke penjual.
Cek Barang Sesegera Mungkin
Saat membuka paket pesanan online, pastikan ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.
Jika produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan, baik foto atau video untuk mendapatkan solusi.
Jadi biasakan untuk cek dulu barang pesananmu, ya, Sisters!
Perhatikan Batas Waktu Komplain
Jika barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh masing-masing e-commerce saat status pesanan tiba di tujuan.
Jangan Lupa Kasih Review
Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko, lho, Sisters!
Ulasan kamu itu akan membantu konsumen-konsumen lain agar bisa membeli produk yang terbaik.
Kamu boleh, kok, memberikan review paling jujur. Konsumen bisa menjadikan hal itu sebagai pertimbangan dan penjual pun bisa melakukan perbaikan.
Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan sebagai konsumen saat menerima pesanan dari belanja online, Sisters. Kamu sering melakukannya nggak, Sisters?