Sisters, sudah banyak contoh usaha kuliner yang tadinya sekelas kaki lima, kini naik kelas menjadi restoran. Hal ini dikarenakan sebagian besar usaha kuliner kaki lima tersebut menjual makanan yang lezat dan merakyat.
Bagi kamu pemilik usaha kuliner kaki lima yang pingin dan #BeraniNaikKelas, simak, yuk, tips berikut ini!
1. Jangan hanya berpaku pada tren
Alih-alih sekadar mengikuti tren, pelaku usaha kuliner mesti pula mengenali potensi di sekitarnya. Karena jika hanya mengandalkan tren, bisnis tersebut bisa jadi tidak akan bertahan lama.
2. Jalin keakraban dengan pelanggan
Tanamkan mindset bahwa yang namanya bisnis harus lebih dari sekedar menjual produk. Berikan pula layanan terbaikmu kepada para pelanggan seperti menjalin keakraban dengan mereka. Sehingga mereka akan nyaman setiap kali mengunjungi kedaimu.
Kamu juga bisa mencari tahu apa yang pelanggan sukai sehingga mampu membuat program promosi untuk mendorong pelanggan berkunjung kembali. Misalnya dengan mengadakan promo produk gratis, cashback, atau voucher. Hal-hal seperti ini penting untuk menjaga relasi yang baik dengan pelanggan setia.
3. Fokus pada pondasi bisnis dan pengembangan SDM
Dalam memulai bisnis, diperlukan pondasi yang kokoh agar dapat menciptakan bisnis yang berumur panjang. Mulai dari pengelolaan modal dan pengeluaran, perancangan promosi yang kreatif, serta optimalisasi pengembangan sumber daya manusia.
Sudah selayaknya para karyawan mendapatkan perhatian lebih pada pengembangan soft skill dan hard skill. Sebab, karyawan juga merupakan aset terpenting yang akan berperan pada perkembangan bisnis kedepannya.
4. Lakukan inovasi
Situasi di industri kuliner selalu bergerak secara dinamis mengikuti ragam perubahan pada tren masyarakat. Untuk itu, pelaku bisnis perlu mengedepankan adaptasi dan inovasi agar tidak tertinggal.
Selain menu, kearifan lokal juga bisa kamu manfaatkan untuk memberikan pengalaman unik pada pelanggan.
5. Eksplorasi ekosistem digital
Di tengah masa pandemi, optimalisasi platform digital menjadi kunci bagi banyak bisnis untuk dapat bertahan dan berkembang. Mulai dari media sosial, layanan pesan antar makanan, hingga pembayaran digital untuk beradaptasi dengan gaya hidup cashless pelanggan.
Nah, Sisters, apakah bisnismu sudah siap dan #BeraniNaikKelas?