Sisters, selain tidak hanya harus memiliki produk yang berkualitas, untuk menarik pelanggan loyal juga harus memperhatikan pelayanan yang baik. Karena menjadikan pelanggan loyal terhadap bisnis bukanlah hal yang mudah, tapi juga dibutuhkan usaha yang keras dan konsisten terhadap apa yang sudah diberikan sebelumnya.
Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu tiru untuk membuat pelanggan kamu loyal dan kembali terus menerus membeli produkmu.
Berikan Layanan Terbaik
Untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, cobalah mulai untuk mendengarkan pelanggan dan memberikan solusi di setiap permasalahan pelanggan dengan cepat dan tepat.
Kamu juga bisa memberikan sarana yang memudahkan pelanggan untuk menjangkau bisnis kamu, misalnya memberikan layanan 24 jam.
Hadapi dengan Transparan
Setiap bisnis pasti adakalanya mengalami kesulitan atau masalah, seperti kehabisan stok, jaringan Internet eror, dan sebagainya. Jika kamu mengalami masalah dalam bisnis, cobalah sampaikan dan update masalah yang kamu hadapi ini kepada pelanggan melalui media sosial, email, SMS, dan media lainnya.
Dengan bersikap jujur dan bisa menghadapi masalah dengan transparan, pelanggan akan lebih mudah percaya kepada bisnismu, sehingga mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.
Jangan Pernah Abaikan Pelanggan
Banyak pengusaha yang sering melakukan kesalahan ini. Di mana, mereka ingin menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya, dan pelanggan lama akhirnya terabaikan.
Padahal, mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dibandingkan kamu harus menjaga pelanggan lama yang sudah loyal terhadap bisnis. Untuk menghindari ini, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama.
Akui Kesalahan yang Dilakukan
Saat ini penyebaran informasi bisa sangat mudah, dan jika kamu melakukan kesalahan pada 1 pelanggan, tidak menutup kemungkinan untuk diketahui pelanggan lain.
Untuk menghindari kehilangan pelanggan, cobalah dengarkan keluh kesah mereka dan cobalah bertanggungjawab dengan meminta maaf. Kamu juga bisa berikan solusi agar kesalahan tersebut bisa dimaafkan. Mengaku salah akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk menjadikan pelanggan loyal.
Selalu Tepati Janji
Cobalah untuk konsisten dan selalu menepati janji kepada pelanggan, seperti mengirim barang dalam waktu 24 jam.
Dengan selalu menepati janji, pelanggan akan lebih percaya terhadap bisnis kamu dan secara tidak langsung akan membangun nilai kepada calon pelanggan baru. Jika suatu saat kamu membutuhkan waktu yang lama dalam pengiriman barang karena suatu hal, kamu juga harus menyampaikan kepada pelanggan. Misalnya saat momen Idul Fitri dan pesanan produk menjadi ramai. Hal ini tentu dapat menyebabkan pengiriman menjadi lebih lama dari biasanya.
Berikan Kejutan
Kamu bisa memberikan mereka bingkisan ulang tahun yang dikirim langsung ke alamat yang tertera. Jika, tidak memiliki modal cukup, kamu bisa memberikan mereka ucapan langsung melalui media sosial, SMS, email, ataupun telepon.
Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan diperhatikan, sehingga bisa membuat mereka menjadi loyal terhadap bisnismu.
Buat Program Loyalitas Pelanggan
Kamu bisa memberikan reward melalui berbagai hal mulai dari pengumpulan poin, memberikan kartu VIP untuk pelayanan terbatas, dan sebagainya. Dengan program ini, pelanggan akan terus menerus kembali membeli produk kamu dan terus menerus menjadi pelanggan kamu yang loyal.
Well, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan menjadi loyal terhadap bisnismu. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, bisnismu akan lebih mudah dan terus berkembang, Sisters!
Sumber: jurnal.id