Hai Sisters! Ketika sudah punya bisnis, menjalani bisnis dengan konsisten menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk tetap bertumbuh ya. Mempertahankan semua itu bisa kita lakukan dengan berkenalan juga berinteraksi dengan sesama pebisnis yang lain. Layaknya manusia sebagai makhluk sosial, bisnis pun butuh berteman. Caranya adalah dengan gabung di komunitas bisnis. Apalagi teruntuk kamu pebisnis UMKM, hal ini akan banyak manfaatnya.
Bicara bisnis UMKM, banyak sekali di luar sana yang mengembangkan bisnis UMKM seperti kamu, loh. UMKM menjadi salah satu yang mendapat perhatian khusus pemerintah Indonesia. Kenapa ya? Perlu kamu tahu, menurut laporan Bank Indonesia, UMKM menjadi penopang terbesar perekonomonian di Indonesia dan hampir 99 persen UMKM mendominasi dari lembaga usaha yang terdaftar.
Selain itu UMKM juga punya kontribusi besar untuk masyarakat, karena menyerap 97 persen dari total angkatan kerja Indonesia. Wah, bisa dibayangkan seberapa banyak pebisnis UMKM di Indonesia? Ini menjadi kesempatan besar buat kamu untuk bergabung dalam komunitas. Memang sepenting itukah komunitas bagi UMKM? Yup, hal tersebut akan memberikan banyak manfaat dan value agar bisnismu tetap survive. Apa saja manfaatnya ya?
Sebuah komunitas akan mengumpulkan orang-orang pada lingkupnya. Jika kamu bergabung dengan komunitas, kamu bakalan punya relasi dengan para pebisnis dengan berbagai macam usahanya.
Yup, orang-orang baru yang kamu kenal di komunitas pastinya mempunyai pengalaman dan ceritanya sendiri dalam mendirikan bisnis. Kamu pun bisa mempelajari jenis bisnis lain ataupun cara berjualan mereka dengan berbagai kegiatan sharing yang dilakukan.
Ketika seseorang berada dalam lingkungan yang sesuai dengan dirinya. Hal ini akan menciptakan energi positif dari vibe yang tercipta. Komunitas membuatmu semakin terpacu untuk terus memperbaiki bisnismu dengan melihat berbagai usaha dan kerja keras berbagai pebisnis UMKM di komunitas tersebut.
Ketika bergabung dengan komunitas, tentu saja kita akan memperkenalkan bisnis kita kan. Komunitas menjadi tempat buat kamu meningkatkan awareness brand bisnis kamu sendiri. Semakin banyak mereka yang mengenal bisnismu, komunitas bisa banget menjadi channel marketing untuk memasarkan bisnismu lebih luas.
Dalam komunitas, pengetahuanmu seputar teknik di dalam bisnis, trend menarik, ataupun informasi yang meningkatkan insight bisnismu akan dengan sendirinya kamu dapatkan. Tentunya dengan kegiatan dan keaktifan kamu sendiri dalam berinteraksi.
Nah, gimana Sisters, kamu sudah tahu komunitas mana yang mau kamu ikuti?