Content mapping merupakan sebuah proses perencanaan yang dilakukan untuk membuat konten yang tepat sasaran dan sekaligus tepat waktu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembaca dengan sangat baik.
Di dalam proses ini, marketer biasanya akan melakukan beberapa tahap yang penting, mulai dari mengenali calon user, menentukan target yang tepat, hingga akhirnya membuat konten yang sesuai dan berkualitas.
Ada banyak manfaat content mapping, beberapa di antaranya seperti berikut ini:
- Memudahkan marketer memahami pelanggan
Di dalam prakteknya, marketer harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang diinginkan konsumen, termasuk kebutuhannya juga. Hal ini memungkinkan marketer memahami permasalahan secara mendalam.
- Mempermudah proses pembuatan konten yang bermutu
Konten yang dibuat dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar, sehingga tujuan pemasaran yang dilakukan dapat dicapai dengan baik. Proses pembuatan konten akan jauh lebih mudah, bahkan untuk berbagai konten yang berkualitas sekalipun.
- Melihat gambaran umum konten di website
Berbagai konten yang sudah dibuat ini akan bisa dikategorikan dengan lebih mudah. Hal ini akan mempermudah pelabelan konten yang sudah ada, termasuk konten-konten baru yang akan dimasukkan ke website tersebut.
Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan dalam pembuatan content mapping:
1. Susun buyer persona
Buyer persona adalah representasi target konsumen yang akan dituju dalam pemasaran. Hal ini harus ditentukan berdasarkan riset yang mendalam melalui berbagai informasi penting, seperti: gender, minat, usia, lokasi tinggal, dan yang lainnya.
2. Pahami customer journey
Customer journey adalah cara yang dilakukan konsumen untuk menemukan atau membeli produk yang ditawarkan.
Jika sudah memahami customer journey, maka membimbing konsumen untuk mendapatkan produk melalui konten tentu akan menjadi jauh lebih mudah.
3. Lakukan analisa terhadap konten
Cek kembali konten apa saja yang mendatangkan banyak pembaca dan menciptakan penjualan. Kualitas konten juga sangat perlu diperhatikan, agar jumlah traffic bisa tetap terjaga, bahkan semakin meningkat ke depannya.
4. Lakukan pemetaan konten
Hal ini bisa dimulai dengan menyusun buyer persona, hingga akhirnya melakukan analisis konten dengan cara yang tepat. Gunakan juga template yang tepat dan bisa mempermudah pembuatan content mapping.
Membuat content mapping merupakan salah satu Pahami dan mulai lakukan content mapping dengan cara tepat, agar tujuan pemasaran bisa tercapai dengan maksimal.