Sisters, seperti halnya bisnis melalui tahapan, begitu pula produk dan layanan. Siklus hidup produk atau product life cycle ditentukan oleh berapa lama dapat dipasarkan. Melacak siklus hidup produk atau layanan yang kamu miliki adalah kunci untuk menentukan kinerja dan keuntungan.
Product life cycle juga memainkan peran penting dalam strategi pemasaran. Bergantung pada tahap produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan, kamu akan menyempurnakan cara pemasaran yang sesuai untuk membantu memastikan performa dan hasil yang optimal di setiap tahap.
Mari kita pahami product life cycle, lalu periksa menghubungkan bagiamana siklus hidup produk akan memengaruhi strategi pemasaran bisnis yang kamu miliki, Sisters.
Product life cyclel atau siklus hidup produk memecah berbagai tahapan evolusi produk, dari debutnya hingga penghentiannya.
Setiap fase hadir dengan karakteristik, tuntutan, dan tantangannya masing-masing. Semua produk berjalan melalui berbagai tahap selama keberadaannya, dan siklus hidup produk memecahnya menjadi beberapa tahap tertentu dengan karakteristik berbeda. Meskipun ada banyak versi dan varian, siklus hidup produk umumnya terdiri dari periode berikut:
Kesadaran tentang tahap mana yang saat ini ditempati produk sangat penting, karena tahap ini harus menentukan banyak pendekatan untuk manajemen, penjualan, pemasaran, dan dukungan produk, mulai dari penentuan posisi dan harga hingga pengembangan fitur dan prioritas.
1. Pengembangan
Tahap pengembangan produk sering disebut sebagai “lembah kematian”. Pada tahap ini, biaya terakumulasi tanpa pendapatan yang sesuai. Beberapa produk membutuhkan waktu bertahun-tahun dan investasi modal yang besar untuk mengembangkan dan kemudian menguji efektivitasnya, Sisters.
Karena risikonya tinggi, sumber pendanaan dari luar menjadi terbatas. Sementara perusahaan yang ada sering mendanai penelitian dan pengembangan dari pendapatan yang dihasilkan oleh produk saat ini. Dalam bisnis rintisan, tahap ini biasanya didanai oleh wirausahawan dari sumber daya pribadi mereka sendiri.
2. Pengenalan
Tahap pengenalan adalah tentang mengembangkan pasar untuk produk dan membangun kesadaran produk. Biaya pemasaran tinggi pada tahap ini, karena perlu menjangkau pelanggan potensial.
Ini juga merupakan tahap di mana perlindungan hak kekayaan intelektual diperoleh. Penetapan harga produk mungkin tinggi untuk memulihkan biaya yang terkait dengan tahap pengembangan siklus hidup produk, dan pendanaan untuk tahap ini biasanya melalui investor atau pemberi pinjaman.
Pada tahap pengenalan, produk masuk ke pasar dan bisnis terlihat mendapatkan pijakan di tangga penjualan dengan cara:
3. Pertumbuhan
Dalam tahap pertumbuhan, produk telah diterima oleh pelanggan, dan perusahaan berupaya untuk meningkatkan pangsa pasar. Untuk produk inovatif, persaingan terbatas pada tahap ini, sehingga harga dapat tetap berada pada level yang lebih tinggi.
Permintaan dan keuntungan produk meningkat, dan pemasaran ditujukan untuk khalayak luas. Pendanaan untuk tahap ini umumnya masih melalui lender, atau melalui peningkatan pendapatan penjualan.
Pada tahap pertumbuhan, kamu akan melihat perkembangan yang mulai terjadi ke tingkat berikutnya dengan:
4. Kematangan
Sisters, pada tahap yang matang, penjualan akan mendatar. Persaingan meningkat, sehingga fitur produk mungkin perlu ditingkatkan untuk mempertahankan pangsa pasar.
Meskipun penjualan unit berada pada titik tertinggi pada tahap ini, harga cenderung turun untuk tetap kompetitif. Biaya produksi juga cenderung menurun pada tahap ini karena lebih efisien dalam proses pembuatannya. Perusahaan biasanya tidak membutuhkan dana tambahan pada tahap ini.
Untuk melalui tahap ini, perusahaan harus:
5. Penurunan
Tahap penurunan siklus hidup produk dikaitkan dengan penurunan pendapatan karena kejenuhan pasar, persaingan yang tinggi, dan perubahan kebutuhan pelanggan, Sisters.
Perusahaan pada tahap ini memiliki beberapa opsi: Mereka dapat memilih untuk menghentikan produk, menjual hak produksi ke bisnis lain yang dapat lebih bersaing atau mempertahankan produk dengan menambahkan fitur baru, menemukan kegunaan baru untuk produk, atau memasuki pasar baru melalui ekspor .
Ini adalah tahap di mana pengemasan akan sering mengumumkan “baru dan lebih baik”.
Jika bisnis sudah berada di tahap ini, ada baiknya kamu melakukan:
So, gimana, kamu sudah paham dan berniat menjalaninya?
Sumber: accurate.id