Hai Sisters! Berjualan online memang bisa menjadi langkah awal bagi kamu untuk berbisnis tanpa memerlukan modal yang besar, seperti menyiapkan biaya untuk sewa tempat.
Penulisan deksripsi produk ternyata juga bisa menjadi ujung tombak dalam penjualan lho. Hal tersebut dikarenakan kalimat deksripsi produk yang dicantumkan oleh penjual menjadi sarana pengenalan produk mereka ke konsumen.
Maka dari itu, Semakin lengkap dan informatif deskripsi suatu produk yang tercantum, konsumen akan semakin percaya dan yakin untuk membeli produkmu.
Selain itu, kepuasan pelanggan juga bisa didapatkan jika kamu menulis deksripsi produk kamu secara lengkap.
Lalu bagaimana teknik menulis deskripsi produk bisnis online dengan tepat? Berikut ini 5 tipsnya!
1. Sebutkan keunggulan produk
Ini dia teknik menulis deskripsi produk bisnis online yang pertama. Ketika kamu memutuskan untuk berjualan suatu produk, pastikan jika kamu menguasai pengetahuan tentang produk tersebut.
Untuk itulah kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai keunggulan produk kamu.
Setelah mengetahui kelebihan produk maka selanjutnya bisa kamu tuliskan ke dalam deskripsi untuk bisa membuat calon pelanggan tertarik dan kemudian melakukan pembelian.
2. Gunakan kalimat persuasif
Menulis deskripsi sebuah produk jualan online sebaiknya menggunakan kalimat yang bersifat persuasif.
Kalimat persuasif adalah kalimat dengan tujuan mengajak calon pembeli atau konsumen secara halus serta meyakinkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.
Selain itu, menggunakan kalimat persuasif pada produk jualan kamu juga bisa membangun awareness.
Dengan ini, para calon konsumen seolah-olah sedang berbicara langsung dengan kamu sebagai penjual.
3. Keyword yang sesuai dengan produk
Ini teknik menulis deskripsi produk bisnis online selanjutnya. Perlu diketahui, penulisan deskripsi produk toko online memang memiliki beberapa perbedaan dengan penulisan produk offline.
Produk online yang juga biasanya ditemukan pembeli melalui internet membuat pebisnis harus memikirkan konteks SEO (Search Engine Optimization).
Untuk bisa menghasilkan SEO, kamu harus mencatumkan keyword produk sebanyak maksimal tiga kali dalam deskripsi yang sedang kamu buat.
Keyword atau kata kunci memang akan selalu muncul di setiap pencarian dengan mesin pencari.
Dengan mencantumkan keyword, maka deskripsi produk kamu akan mendukung SEO yang sangat berguna untuk bisa meningkatkan konsumen.
4. Pasang foto produk yang menarik
Menggunakan gambar atau visual yang menarik mampu membuat pembaca atau calon konsumen produk kamu semakin tertarik.
Dengan begitu, produk yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan kamu akan lebih membekas.
Selain menggunakan foto, kamu juga bisa menggunakan video untuk melengkapi deskripsi produk di toko online.
Cobalah untuk selipkan foto atau video berupa testimoni dari perlanggan kamu, supaya lebih meyakinkan para calon konsumen baru kamu.
5. Buat deskripsi dalam bentuk tabel
Sebaiknya kamu menuliskan deskripsi produk jualan online kamu ke dalam bentuk tabel atau list.
Hal tersebut karena, biasanya pembaca cenderung akan merasa bosan dengan bacaan yang terlalu panjang. Namun, Kalimat yang terlalu padat juga bisa membuat pembaca bingung.
Bila produk tersebut memiliki spesifikasi yang cukup banyak untuk dijelaskan, sebaiknya gunakan tabel atau membuat infografis.
Dengan adanya tabel atau list ini calon konsumen akan lebih mudah menangkap pesan dari produk yang kamu jelaskan.
Dengan begitu calon pelanggan akan lebih tertarik untuk berbelanja di toko online kamu, karena deskripsi yang jelas dan menarik.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya, Sisters!