Sisters, bisnis berbau ke-Korea-an masih banyak diminati hingga kini. Mulai dari fashion, makeup, skincare, hingga kuliner. Hal ini pun yang membuat banyak brand asal Korea yang laris manis di berbagai negara, termasuk Indonesia.
Untuk kamu yang tertarik memulai bisnis makanan Korea atau street Korean food, yaitu bisnis kuliner dengan menggunakan snack dari Korea sebagai menu utama, dimana penjualannya dilakukan seperti penjualan jajanan dipinggir jalan pada umumnya. Nah, kamu bisa mencatat poin-poin penting di bawah ini seputar cara memulainya, nih.
1. Siapkan Modal
Harga modal untuk memulai bisnis street food Korea tidak terlalu mahal, berkisar antara 3-6 juta, rupiah, tergantung dari jenis makanan yang akan kamu jual. Total modal ini sudah termasuk untuk pembelian gerobak makan, alat masak, dan bahan makanan.
Pilihan Korean food yang banyak digemari, antara lain: Kimbab, Ttteobbokki, Eomuk, Twigim, Hotteok, Ramyeon, Mandu, Corndog, dan Dakgangjeong.
2. Pilih Lokasi Strategis Dekat Keramaian
Karena berkonsep street food dan cepat saji, artinya kamu tidak perlu repot-repot memilih tempat dengan kategori ruko dimana pembeli bisa dine in. Pilih saja lokasi pinggir jalan dimana pembeli dapat langsung membawanya pulang atau take away.
3. Pasang Harga yang Ramah Kantong
Yang namanya street food, pantang hukumnya memasang harga yang terlalu mahal. Apalagi modal yang dikeluarkan tidak lah terlalu besar. Jadi, pasanglah harga makanan dengan harga layaknya jajanan pinggir jalan pada umumnya.
4. Pastikan Tempat Jualan Bersih dan Enak Dilihat
Tempat kotor seperti got atau tempat sampah, bisa mempengaruhi penjualan. Selain itu, selalu bersihkan gerobak makanan dan membuang sampah dagangan dengan rutin agar pembeli percaya dengan kebersihan barang daganganmu.
5. Posting di Media Sosial
Selain memberikan kamu platform gratis untuk promosi, media sosial juga bisa membuat bisnismu menjangkau lebih banyak pembeli. Dari media sosial kamu pun bisa secara mudah meng-ekspansikan bisnismu ke ranah bisnis online.
6. Jual secara Online Juga
Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan online atau bisa juga situs e-commerce untuk berjualan secara online.
7. Jangan Lupa Strategi Promosi!
Sudah menjadi tradisi untuk wajib memberikan diskon atau promo menarik saat awal-awal terjun ke dunia bisnis apapun bisnisnya. Nah, untuk bisnis jajanan Korea ini kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi, atau memasangnya langsung ditempatmu berjualan.
Misalnya kamu bisa melakukan promosi paket hemat pembelian seperti membeli Kimbab dan Tteobboki bisa mendapatkan diskon 50% untuk 100 pembeli pertama, atau bisa juga buy one get one free. Intinya ciptakan strategi promosi sekreatif mungkin untuk semakin banyak menarik calon pembeli.
Pada dasarnya, berbisnis bukan hanya sekedar memiliki modal dan berjualan saja, Sisters. Tapi berbagai faktor bahkan hal terkecil dan tidak terduga sama sekali bisa mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis.
Salah satunya adalah peluang, jadi selalu pantau tren dan hal menarik apa saja yang sedang diminati oleh banyak orang saat ini dan manfaatkan hal tersebut sebagai langkah awal untuk memulai bisnis pertamamu sampai sukses hingga akhirnya kamu bisa membuka bisnis franchise makanan Korea dengan brand-mu sendiri.