Sisters, kamu pernah dengar istilah chatbot? Dilansir dari Forbes, chatbot atau chatterbot adalah suatu aplikasi interaktif yang dibuat untuk bisa melakukan interaksi dengan manusia lewat berbagai platform, termasuk layanan pengiriman pesan yang memanfaatkan teks sebagai media komunikasi.
Dengan kata lain, chatbot adalah suatu layanan percakapan virtual dengan salah satu pihaknya bertindak sebagai robot. Tapi, robot ini mampu memahami perintah dan juga menjawab pertanyaan secara cepat dan juga tepat.
Dalam laman resmi Oracle, terdapat dua jenis chatbot. Apa saja? Ini penjelasannya:
Chatbot yang Berorientasi Pada Tugas
Jenis chatbot ini diprogram untuk menjalankan suatu fungsi tertentu saja. Ia mampu memberikan respon secara otomatis, seperti percakapan agar bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dari para pengguna.
Bentuk obrolannya juga lebih menjawab pertanyaan umum, seperti jam buka toko, ketersediaan barang, ataupun transaksi yang sederhana. Jenis chatbot ini sangat banyak digunakan pada suatu bisnis.
Chatbot yang Bekerja dengan Dasar Data dan Prediktif
Chatbot jenis ini sering disebut sebagai asisten virtual atau asisten digital karena lebih interaktif dan mampu dipersonalisasi lebih baik dari jenis chatbot sebelumnya. Sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan prediktif dan analitik, sehingga memungkinkan personalisasi berdasarkan perilaku dan juga profil para pengguna.
Jadi, jenis chatbot ini mampu memahami preferensi pengguna seiring berjalannya waktu, memberikan rekomendasi tertentu, dan mampu mengantisipasi kebutuhan dari para pengguna. Beberapa contoh jenis chatbot yang canggih ini adalah Alexa dari Amazon, Siri dari Apple, dan Google Assistant dari Google.
Setelah kita memahami pengertian dan juga cara kerjanya, maka kita harus tahu manfaatnya untuk suatu bisnis ketika menggunakan chatbot. Simak ya!
1. Hemat Waktu
Chatbot mampu memberikan informasi yang sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen. Sehingga, mereka sudah tidak perlu lagi menunggu waktu lama agar bisa mendapatkan jawaban ataupun tanggapan dari pebisnis.
Tentunya manfaat ini mampu membantu bisnis untuk bisa lebih produktif, karena mereka tidak perlu lagi menjawab pertanyaan satu per satu dari para konsumen.
2. Pelanggan Lebih Puas
Ketika ada pelanggan yang tidak memperoleh jawaban dengan cepat, maka mereka akan kesal dan tidak lagi berminat untuk menjadi pelanggan bisnis tersebut. Tapi dengan menggunakan chatbot, maka hal tersebut bisa dihindari. Karena chatbot akan selalu siap selama 1×24 jam untuk menjawab pertanyaan dari para konsumen.
3. Hemat Biaya
Suatu perusahaan yang memanfaatkan chatbot sudah tentu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menggaji karyawan. Dilansir dari Tempo, setiap perusahaan yang menggunakan chatbot bahkan mampu meminimalisir biaya customer service sampai 30%.
4. Meminimalisir Kesalahan
Tidak ada manusia yang sempurna. Begitupun dengan seorang karyawan. Siapapun itu, pasti pernah melalukan kesalahan.
Tapi, hal ini bisa dihindari dengan menggunakan layanan chatbot. Karena setiap jawaban yang diajukan oleh konsumen akan selalu dijawab dengan tepat sesuai dengan instruksi. Sehingga, setiap bentuk kesalahan bisa dihindari dan pelanggan pun tidak akan menerima jawab yang salah.
Untuk menggunakan chatbot, memang ada anggaran tertentu yang harus disiapkan. Tapi mengingat banyak keuntungan yang bisa diperoleh untuk bisnismu, nggak ada salahnya mencoba, Sisters.