Hai Sisters! Riset pasar merupakan salah satu strategi krusial yang mampu membantu pebisnis menyukseskan usahanya. Melalui market research, kamu dapat mengetahui informasi tren konsumen, performa kompetitor, peluang penjualan, dan banyak lagi yang lainnya. Intinya, riset pasar ini mampu membukakan jalan kesuksesan pada bisnis yang saat ini dijalankan.
Lalu, bagaimana cara untuk melakukan riset pasar tersebut? Yuk, simak dibawah ini!
Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu berfokus pada tujuan saat melakukan riset pasar. Sebagai contoh, saat ingin mengetahui platform favorit konsumen saat berbelanja online, kamu hanya perlu mengumpulkan jumlah pengguna atau pengunjung dari setiap platform tersebut dan membuat peringkat.
Usahakan untuk tidak mencari tahu informasi lainnya yang tidak berkaitan dengan tujuan awal kecuali benar-benar dibutuhkan untuk mendukung temuan riset tersebut.
Menanyakan informasi pada pelanggan dengan cara biasa tentu memberi kesan membosankan dan kurang inovatif pada bisnismu. Oleh karena itu, tetap lakukan kiat kreatif dalam menggali informasi dari konsumen. Jika menggunakan riset primer, kamu bisa menggunakan platform yang sedikit berbeda sebagai media komunikasi dengan pelanggan.
Atau, jika tidak memungkinkan, kamu menggunakan riset sekunder dengan melihat informasi dari berbagai sumber kredibel. Yang terpenting, selalu lakukan cara yang kreatif dan efisien saat melakukan riset pasar agar mampu mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta aman bagi budget bisnis.
Melalui riset pasar, kamu tentu akan mendapatkan beragam informasi seputar bisnis atau produk. Namun, tidak semua informasi tersebut bisa digunakan untuk mencapai tujuan riset.
Oleh karena itu, kamu perlu memilah informasi mana saja yang penting untuk diketahui, dan menyimpan informasi lainnya karena mungkin berguna sebagai data untuk proses analisa atau riset selanjutnya.
Sumber: Cermati.com