Sisters, packaging merupakan hal pertama yang akan menarik perhatian konsumen. Setelah itu, mereka akan mencari tahu apa isi di dalam bungkusnya, lalu memutuskan untuk membeli atau tidak.
Nah, untuk membuat kemasan produkmu menarik dan laku, ada beberapa aturan yang mesti diperhatikan sebelum menentukan desain yang tepat. Dilansir dari 99designs.com, berikut ini 5 aturannya.
1. Jelas dan Sederhana
Pastikan kemasan memiliki dua unsur penting, yaitu kejelasan merek dan produk yang ditawarkan.
Misal kamu menjual jus, kemasannya paling tidak harus bergambar buah segar sesuai dengan isinya. Jangan sampai kamu menjual jus, tetapi membungkusnya dengan kemasan yang desainnya bergambar susu.
Selain itu, buatlah desain kemasan yang sederhana dan tidak terlalu ramai atau mencolok karena justru akan mengganggu dan membingungkan konsumen.
2. Jujur
Sebagai seorang pelaku usaha, kamu harus jujur kepada mereka dan menunjukkan produk yang kamu jual apa adanya. Misalnya, kamu menjual kue coklat, tidak perlulah pada kemasan diberi gambar coklat meleleh yang sangat banyak, sedangkan produkmu adalah kue kering biasa yang tidak ada lelehan coklat di dalamnya.
3. Authentic
Inti dari aturan ini dalam mendesain kemasan suatu produk adalah berani tampil beda. Apabila kamu melihat sudah banyak kemasan pada produk yang sama menampilkan warna-warna yang kaya, cobalah untuk menonjolkan warna polos atau netral.
Tampil beda dan orisinil membuat produkmu mencuri perhatian, karena menimbulkan rasa penasaran di benak konsumen.
4. Dipakai untuk jangka panjang
Konsistenlah dengan satu desain tertentu untuk beberapa lama dan jangan sembarangan menggantinya karena akan membingungkan konsumen.
Salah satu caranya, kamu bisa menyiapkan lebih dari satu desain dan menanyakannya kepada desainer, kerabat, atau teman-teman di jejaring sosial. Mereka akan mewakili konsumen dan memilih desain paling pas buat dipasarkan untuk waktu yang lama.
5. Kemasan yang praktis
Kemasan yang praktis untuk beberapa produk tertentu sering kali lebih banyak dicari. Misalnya untuk produk kecap atau saus, konsumen akan memilih kemasan squeeze terbalik alih-alih botol biasa yang tutupnya di atas. Ini karena kemasan terbalik memudahkan konsumen menuang produk ketika isinya tinggal sedikit.
Gimana, Sisters? Kamu sudah siap menentukan desain kemasan yang tepat untuk produkmu?