Sisters, bagi pebisnis, inovasi produk tentu menjadi istilah yang tidak boleh dilupakan. Karena inovasi produk adalah suatu aktivitas yang sangat signifikan memengaruhi tingkat kemungkinan atau potensi sebuah bisnis untuk bisa berkembang dan meraih kesuksesan. Tanpanya, bisnis hanya akan bergerak konstan, dan lambat laun tergerus dengan ganasnya persaingan bisnis dari para kompetitornya.
Inovasi produk mutlak dibutuhkan dalam berbisnis agar dapat mengembangkan dan menciptakan lebih banyak manfaat serta dampak positif bagi kinerja sebuah usaha.
Intinya, inovasi mampu menjembatani bisnismu untuk mampu meraih keuntungan berlipat ganda dan mengembangkannya. Jadi bagi kamu yang mungkin belum memahami betul apa itu inovasi produk dan tujuannya dalam sebuah bisnis, simak penjelasannya berikut ini, yuk, Sisters!
Pengertian Inovasi Produk
Inovasi produk adalah usaha yang dilakukan oleh pelaku sebuah bisnis dalam meningkatkan, memperbaiki, dan juga mengembangkan produk yang telah diproduksi dan dijajakan selama ini. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan inovasi produk tidak selalu berkaitan dengan barang atau sesuatu benda. Tapi, juga bisa dengan cara meningkatkan pelayanan dalam sebuah usaha atau bisnis.
Berdasarkan Undang-Undang No.19 tahun 2002, inovasi produk dijelaskan sebagai sebuah rangkaian pengembangan melalui penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi pada sebuah produk. Terjadinya inovasi produk ini pun bisa disebabkan oleh sejumlah hal, antara lain adalah hasil dari feedback atau masukan dari konsumen, kombinasi dari hal-hal yang sudah ada sebelumnya, sampai munculnya penemuan baru.
Aktivitas ini wajib dilakukan secara terus menerus agar produk dapat selalu dikembangkan. Dengan begitu, kualitas produk akan mengalami peningkatan hingga akhirnya mencapai pada sebuah kesempurnaan.
Apa Tujuan Dilakukannya Inovasi Produk?
Sisters, dalam menjalani hidup, setiap orang dituntut untuk mampu mengembangkan kemampuan diri agar dapat menjadi individu yang lebih berkualitas lagi dibanding sebelumnya. Perumpaan ini sama persis dengan tujuan dari dilakukannya inovasi produk. Dengan melakukan inovasi, terdapat beberapa tujuan yang ingin diraih oleh pengusaha, antara lain:
-Tingkatkan Kualitas dan Daya Tarik Produk
Tujuan paling umum dari melakukan inovasi produk adalah untuk meningkatkan kualitas serta daya tarik dari produk itu sendiri. Seiring perjalanan waktu dan perkembangan zaman, sebuah barang yang telah lama diciptakan akan menjadi semakin usang. Alasannya karena kebutuhan konsumen di masa sekarang tak lagi mampu dipenuhi oleh produk tersebut secara optimal, Sisters.
- Memenuhi Kebutuhan Konsumen
Sebuah bisnis bisa tetap bertahan jika kebutuhan konsumen selalu ada. Di sisi lain, konsumen tentu akan terus menuntut produsen produk atau pemilik usaha untuk senantiasa memperbaiki kualitas produknya agar kebutuhan konsumen terpenuhi dengan lebih maksimal. Tuntutan dari konsumen inilah yang memaksa pengusaha untuk selalu melakukan inovasi produk.
- Ciptakan Gebrakan Baru pada Market
Melalui inovasi, pebisnis juga mampu menciptakan gebrakan baru di pasaran atau bahkan menciptakan pasar yang baru. Karena terinovasi, produk tentu akan memiliki fitur serta perkembangan yang baru dan mampu menarik daya beli masyarakat.
Tidak selalu mengacu pada penambahan fitur dan peningkatan kualitas, inovasi juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi beberapa fitur untuk dapatkan kelebihan lainnya.
- Bantu Kembangkan serta Aplikasikan Wawasan dan Kemampuan
Selain itu, inovasi produk bertujuan pula untuk mengaplikasikan serta mengembangkan kemampuan dan wawasan yang dimiliki pemilik usaha. Wajar saja karena inovasi tak akan bisa dilakukan tanpa adanya wawasan atau kemampuan yang baru dan luas.
Pengusaha akan berupaya untuk mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan pada produknya. Jika ternyata masih belum membuahkan hasil sesuai ekspektasi, pemilik usaha tentu harus menambah lagi wawasannya dari berbagai sumber dan terus melakukan eksperimen yang diperlukan.
- Menggantikan Layanan atau Produk yang Usang
Sisters, kamu pasti pernah menjumpai sebuah produk atau layanan yang tiba-tiba tidak lagi diproduksi oleh sebuah bisnis. Hal ini karena pemilik bisnis merasa produk tersebut sudah usang dan tak lagi mampu bersaing dengan produk kompetitor atau tak menarik minat beli target konsumennya secara efektif dan menguntungkan.
Alasan lainnya mungkin karena memang pemilik bisnis tersebut telah melakukan inovasi produk serupa dengan kemasan yang lebih menarik dan menggugah daya beli.
- Menjadikan Produk Lebih Efisien
Tujuan dilakukannya inovasi produk adalah untuk menjadikan produk lebih efisien, Sisters. Dengan inovasi, produk akan mampu melakukan perannya dengan lebih tepat sasaran dan tidak membuang banyak waktu. Selayaknya aplikasi ojek online yang tidak hanya menawarkan layanan antar jemput penumpang, kini memiliki berbagai fitur tambahan seperti antar makanan, antar belanja, dan lain sebagainya.
Penambahan fitur tersebut tentu membuat pemakaian aplikasi ojek online menjadi jauh lebih efektif digunakan oleh pelanggan. Dengan begitu, pelanggan pun tak perlu ribet dan membuang banyak waktu untuk mencari aplikasi yang mampu penuhi segala kebutuhan tersebut.
Manfaat Inovasi Produk bagi bisnis
Nah, Sisters, bicara soal manfaat inovasi produk nih, yaitu adalah untuk memastikan bisnis tetap kompetitif dan secara tak langsung bermanfaat dalam meningkatkan nilai atau value dari perusahaan pembuatnya. Dengan terus melakukan inovasi, seorang pengusaha akan lebih berpotensi untuk mengalahkan para kompetitor bisnisnya.
Selain itu, melalui inovasi, sebuah produk akan lebih dikenal oleh target konsumennya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.
Gimana, Sisters, sekarang sudah paham kan inovasi produk itu apa? Siap memulainya dalma bisnis yang sednag kamu jalankan? Semangat yuk!
Sumber: Cermati.com