Hai Sisters! Untuk sebagian orang, memulai untuk berbisnis merupakan suatu aktivitas yang mungkin terlalu menantang untuk dicoba. Untuk sebagian lainnya, menjadi seorang pebisnis sudah menjadi profesi yang telah dijalani selama kurun waktu tertentu dan menjadi sumber penghasilan utama. Walau penuh tantangan dan masalah yang harus dilalui, berbisnis memiliki seninya tersendiri yang mampu membuat pelakunya terus tergugah untuk berusaha hingga akhirnya mampu meraih kesuksesan.
Dalam ilmu berbisnis tentu ada banyak sekali hal yang harus dipelajari, baik melalui pengalaman sendiri maupun secara teori dari berbagai sumber. Salah satu ilmu berbisnis yang penting untuk dipelajari adalah keterikatan atau hubungan dengan pelanggan. Pemahaman tentang customer engagement penting untuk dimiliki karena memiliki pengaruh krusial terhadap potensi kesuksesan sebuah usaha.
Berhubungan dengan konsumen atau pelanggan, customer engagement dapat menjadi jembatan yang membuat bisnis dapat terus menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Sebaliknya, jika kamu tidak memahaminya sama sekali, jangan heran kalau bisnismu sulit berkembang atau bahkan malah terus merugi.
Lalu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan customer engagement dan fungsinya bagi perkembangan sebuah bisnis? Simak penjelasannya dibawah ini, yuk!
Apa itu Customer Engagement?
Customer engagement adalah salah satu aspek penting dalam sebuah bisnis. Tanpa adanya pemahaman tentang aspek ini, nyaris mustahil seseorang bisa meraih kesuksesan dari bisnis yang tengah dijalaninya.
Jadi Sisters, secara umum, yang dimaksud dengan customer engagement adalah sebuah hubungan interaksi atau komunikasi yang dijalin oleh pihak perusahaan atau produsen dengan pelanggan. Hubungan interaksi ini bisa dilakukan melalui berbagai cara dan media. Salah satunya adalah dengan membuat akun media sosial yang berisi tentang identitas bisnis.
Sebuah customer engagement dapat terjadi saat terdapat interaksi, efek, pengalaman, ataupun reaksi yang dirasakan oleh konsumen secara menyeluruh terhadap produk atau jasa yang digunakan.
Proses keterlibatan pelanggan atau konsumen dalam aktivitas marketing ini dapat terjadi secara offline dan online. Secara offline, pelanggan dan produsen melakukan interaksi secara langsung, seperti saat akan melakukan transaksi. Sedangkan yang secara online, terjadi saat produsen memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan lagi dan lebih luas mengenalkan produk atau layanan yang ditawarkannya.
Peran Customer Engagement bagi perkembangan sebuah bisnis
Sisters, seringkali disebutkan jika customer engagement memiliki pengaruh krusial bagi kesuksesan sebuah bisnis. Bahkan, customer engagement bisa dibilang sebagai kunci penting bisnis bisa terus berkembang dan menghasilkan penjualan serta keuntungan yang telah ditargetkan oleh pemilik usaha.
Bukan tanpa alasan, hal ini karena customer engagement berkaitan dengan terjalinnya hubungan baik antara pelanggan dengan produsen atau pemilik bisnis. Saat hubungan dan interaksi terjaga dengan baik, pebisnis dapat mengikat pelanggan agar terus melakukan pembelian pada produk atau jasanya secara berkala. Dengan begitu, meski persaingan bisnis tengah ketat, risiko pelanggan untuk berpindah akan menjadi semakin kecil.
Loyalitas pelanggan pada bisnismu ini menjadi salah satu pertanda atau indikator utama mengenai keberhasilan menjalin customer engagement. Dalam jangka panjang, jumlah pelanggan pada bisnis akan terus bertambah dan meningkatkan omzet penjualan sekaligus keuntungan yang didapatkan.
Metode Customer Engagement
Sisters, ide dan cara untuk meningkatkan customer engagement tidak terhitung jumlahnya, Tergantung kreativitas dan tujuan, Anda bebas menentukan sendiri bagaimana cara agar customer engagement bisnis bisa meningkat dan membantu usaha agar bisa berkembang lebih cepat lagi.
Namun, pada dasarnya, terdapat beberapa ide dan cara umum yang bisa diaplikasikan:
Tetapi, Sisters, kamu tidak harus terpaku pada ide di atas. Setiap pelaku bisnis dapat mengaplikasikan sendiri metode untuk meningkatkan customer engagement sesuai dengan kreativitas, kondisi bisnis, dan tujuan yang ingin diraih.
Mengombinasikan berbagai ide dan metode customer engagement pun bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan memacu perkembangan bisnis agar lebih pesat lagi. Yang terpenting, lakukan evaluasi terhadap setiap metode yang sudah diterapkan dan cari tahu apakah hasil yang diberikan efektif membantu bisnis berkembang.
Nah, dengan customer engagement yang baik dan terencana, sebuah bisnis dapat memiliki keterikatan pelanggan yang kuat dan membangun loyalitas konsumen untuk terus membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
Selain itu, dengan mengukur rasio customer engagement dan bereksperimen menggunakan metode engagement baru dapat membantumu mengetahui cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan menggaet lebih banyak konsumen baru.
Semangat ya, Sisters!