Ada berbagai faktor penting yang mampu membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu bisnis. Salah satunya adalah brand identity yang mungkin masih dianggap sepele oleh sebagian pebisnis. Padahal, manfaat dari membangun brand identity yang positif ini mampu memberikan pengaruh krusial bagi kesuksesan sebuah usaha. Dengan begitu, merek bisnismu memiliki suatu hal yang membedakan dan memberi keunikan yang tak dimiliki oleh kompetitor.
Lantas, apa pengertian brand identity dan apa saja keuntungannya pada perkembangan sebuah bisnis? Simak, yuk, Sisters!
Secara umum, pengertian brand identity adalah sekumpulan elemen dalam perusahaan yang mampu menggambarkan citra atau persona yang tepat terhadap para konsumennya. Beberapa elemen brand identity adalah, logo, desain, warna, dan beragam hal lainnya.
Ketika suatu bisnis mampu menguatkan identitas mereknya, akan ada lebih banyak orang yang mengenalinya. Bahkan, pelanggan bisa bersikap sangat loyal terhadap brand yang memiliki identitas kuat karena telah mempunyai persepsi yang positif terhadap merek tersebut.
Dalam kata lain, selain dapat menjadi pembeda atau nilai unik yang tak dimiliki oleh kompetitor, brand identity juga bisa dijadikan sebagai sarana bagi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan atau customer loyalty.
Lalu, apa saja keuntungan menguatkan brand identity bagi bisnis?
Pelanggan Lebih Mudah Mengenali Brand
Manfaat pertama dan utama adalah memudahkan pelanggan atau konsumen dalam mengenali merek atau bisnismu secara umum. Konsumen akan lebih cenderung untuk membeli produk atau jasa yang disuguhkan oleh bisnis atau merek tersebut. Dengan begitu, potensi penjualan dan mendapatkan keuntungan pun dapat ditingkatkan.
Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Jika sebuah perusahaan sudah berhasil menguatkan brand identity, daya saingnya juga akan turut meningkat. Dalam kata lain, bisnis kamu pun akan menjadi lebih tahan banting terhadap segala gebrakan ataupun inovasi yang diciptakan oleh kompetitor.
Bukan cuma itu, brand yang mempunyai ciri khas tersendiri juga mampu membuatnya lebih cepat dikenali oleh pelanggan dan mendukung merek tersebut. Tentu saja hal ini juga memberikan nilai lebih pada bisnis kamu agar terlihat lebih menonjol ketimbang bisnis pesaing.
Loyalitas Pelanggan
Menciptakan loyalitas pelanggan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kamu juga perlu berusaha ekstra keras agar kepuasan konsumen senantiasa terjaga.
Melalui brand identity, bisnis mampu menjalin hubungan emosional yang kuat dengan para pelanggannya. Dengan begitu, saat pelanggan sudah merasa terjalin secara emosional dengan brand-mu, peluang konsumen untuk berpindah hati ke bisnis kompetitor akan menjadi jauh lebih kecil.
Melejitkan Profit Perusahaan
Semakin banyak orang yang menggunakan produk atau jasa bisnismu, tentu saja profit juga akan ikut terangkat. Penjualan, pengiklanan, dan aktivitas marketing lainnya juga akan menjadi lebih mudah dilakukan karena brand sudah mempunyai nama. Jadi, walaupun bisnis baru saja merilis produk baru, pelanggan akan langsung menaruh perhatian pada produk tersebut dan tertarik untuk membelinya.
Dengan membangun identitas brand yang kuat, bisnis menjadi lebih mudah dikenal konsumen dan bersaing dengan para kompetitornya, serta menggaet pelanggan yang setia sekaligus meningkatkan keuntungan bisnis. Jadi, jika ingin bisnismu sukses, pastikan untuk memahami apa itu brand identity, ya, Sisters!