Sisters, masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia memang memberikan dampak untuk usaha kecil dan menengah. Baru saja mulai pulih, usaha kecil dan menengah kembali dihadapi tantangan penjualan. Nah, ini saatnya kita sebagai pelaku usaha memang harus memakai strategi keuangan yang tepat agar bisnis tidak bangkrut.
Sebab itu, untuk membantu kamu berjualan, berikut langkah tepat mengatur keuangan bisnis yang bisa kamu coba dari Jurnal by Mekari.
1. Beralih ke marketplace
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penjualan online melonjak tajam hingga 480% pada April 2020 dari Januari 2020. Maka dari itu, bisnis dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan ini.
Nah, kamu bisa berjualan di e-commerce, karena sebetulnya juga memberikan keuntungan dan manfaat lho, seperti kemudahan dalam rekapitulasi data penjualan.
Kemudian, proses penjualan tidak memakan banyak tenaga, promosi lebih mudah diakses konsumen, dan penjualan dapat meningkat lantaran semakin banyak konsumen yang menggunakan e-commerce.
Baca juga: Selain Beralih ke Digital, ini Dia Beberapa Cara Lainnya Agar Bisnismu Tetap Bertahan di Era Pandemi
2. Gunakan pemasaran digital
Sekarang semua orang sudah pasti beralih ke dunia digital sehingga perlu untuk optimalkan pemasaran digital. Melalui pemasaran digital, pemilik bisnis dapat menghitung konversi dan mengukur keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan. Hal ini juga memudahkan untuk menganalisis perilaku dan kebutuhan target market.
Beberapa strategi pemasaran digital yang bisa dioptimalkan adalah media sosial, aplikasi pesan, digital ads, dan lain sebagainya.
3. Manfaatkan jasa pesan-antar
Pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan adopsi dan penggunaan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, termasuk layanan pesan-antar (delivery service). Lebih lagi, PPKM melarang masyarakat untuk dine-in (makan di tempat) pada restoran maupun kafe.
Proses mendaftarkan bisnis, khususnya kuliner, pada layanan pesan-antar tergolong mudah. Pemilik bisnis cukup mengunduh aplikasi online penyedia jasa pesan-antar yang ditujukan bagi pelaku usaha. Isi data diri dan lengkapi informasi tentang bisnis.
Baca juga: Cara Meningkatkan Customer Relationship di Tengah Pandemi
4. Perhatikan kondisi keuangan
Sebelum membuat strategi digital, pemilik bisnis harus memperhatikan keuangan bisnis agar langkah tersebut relevan dengan kondisi keuangan.
Di tengah pandemi Covid-19, pemilik bisnis sebaiknya dapat memanfaatkan teknologi dan meminimalkan interaksi tatap muka dengan orang lain termasuk saat melakukan pembukuan dan operasional bisnis.
Saat ini, para pemilik bisnis tidak perlu khawatir untuk mengetahui kesehatan keuangan secara mudah dan efisien. Berbagai perangkat lunak software akuntansi dapat digunakan.
Kalau kamu, apakah sudah memiliki bisnis online?