Sisters, di saat pandemi seperti ini, pemilik bisnis wajib meningkatkan customer relationship agar penjualan dan loyalitas pelanggan tetap terjaga. Untuk yang belum tahu caranya, tenang.. Sisternet bakalan kasih tahu apa yang harus kamu lakukan. Simak terus sampai habis, ya!
1. Cari tahu apa yang pelanggan butuhkan
Ketika keadaan masih normal pasti rasanya pelanggan berbondong-bondong datang dengan sendirinya, kan? Nah, di saat pandemi ini, bisnis kecil maupun perusahaan besar harus berusaha lebih keras untuk mendatangkan pelanggan.
Contohnya adalah ketika kamu menjalankan bisnis pakaian. Sekarang, kamu harus memikirkan apa yang dibutuhkan pelanggan dan apa yang kira-kira mereka akan beli. Kamu bisa menjual masker kain dari bahan sisa jahit, misalnya.
2. Pelajari data yang ada
Melansir Inc., penting bagimu untuk mempelajari data pelanggan agar bisa mengetahui apa yang mereka mau, butuhkan, dan harapkan dari bisnismu. Data-data tersebut dapat membantumu membuat iklan, notifikasi, dan pesan yang lebih terasa personal dan spesifik.
3. Buat perusahaan terlihat lebih ‘manusiawi’
Seperti yang dijelaskan di poin pertama, baik perusahaan maupun pelanggan sedang mengalami masa yang cukup berat. Maka dari itu, penting untuk tidak terlihat seperti bisnismu hanya mencari keuntungan saja.
Dilansir dari Harvard Business Review, tools paling tepat untuk menjalankan strategi ini adalah media sosial dan mailing list, karena engagement-nya cukup tinggi. Tunjukkan empati terhadap orang terdampak Covid-19, beri tahu pelanggan langkah dan kebijakan apa yang akan bisnismu ambil, dan sebagainya.
4. Beri arahan yang jelas pada pelanggan
Beri tahu kebijakan perusahaan selama pandemi ini, langkah apa yang harus mereka ambil, dan sebagainya. Contoh mudahnya adalah memberi pengumuman kepada pelanggan setia (lewat media sosial, email) dan mendorong mereka untuk belanja online.
Dengan begitu, pelanggan akan tahu bahwa bisnismu tetap memperhatikan kesehatan mereka dan memberi kejelasan. Jangan sampai tiba-tiba toko fisik tutup, tetapi kamu tidak memberi tahu mereka terlebih dahulu.
Memang, saat-saat seperti ini bisnis dari berbagai macam sektor pasti terpengaruh. Akan tetapi, pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasamu juga sama terpengaruhnya. Intinya, untuk meningkatkan customer relationship di saat pandemi ini, kamu harus tetap perhatikan pelanggan dan sadari bahwa semua pihak sedang mengalami kesulitan.