Sisters, ada banyak cara yang mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk kita. Selain kita harus memperbaiki kualitas produk, kita juga harus meningkatkan kredibilitas bisnis. Nah, gimana caranya?
Berikut di antaranya:
1. Kamu bisa menawarkan produk yang berkualitas
Misalnya saat mengunggah produk baru di toko online, kamu dapat menambahkan gambar dan video yang mampu menampilkan fitur dan manfaat produknya.
2. Kamu mampu menyelesaikan masalah yang konsumen miliki
Tapi, jika konsumen saja belum membelinya, bagaimana cara agar mereka tahu bahwa produk bisa menjadi solusi untuk masalah mereka?
Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan social proof, alias bukti bahwa orang lain sudah pernah mencoba produk kamu dan merasa puas. Jenis social proof sendiri bervariasi. Contohnya seperti testimoni, review, rating, komentar di media sosial, dan endorsement.
Dengan melihat testimoni, review, atau komentar positif tentang produk kamu, tentu konsumen akan lebih yakin untuk membeli produknya. Hal ini wajar, mengingat 78% konsumen melakukan riset produk secara online sebelum melakukan pembelian.
3. Tawarkan Garansi
Kalau setelah konsumen membeli produk dan merasa rugi, bisnis kamu bisa saja dianggap tidak kredibel. Contohnya produk kamu ternyata terbuat dari bahan yang mudah rusak, kemasan produk sobek saat tiba di alamat konsumen, atau rasa produknya mengecewakan dan tidak sesuai harganya
Ketiga skenario di atas jelas pengalaman buruk bagi konsumen. Mereka sudah mengeluarkan uang untuk membeli produk, eh malah kecewa.
Lalu bagaimana cara agar konsumen tidak rugi ketika membelinya?
Salah satu cara adalah menawarkan garansi. Jadi, jika konsumen merasa kecewa dengan produk kamu, mereka bisa mendapat penggantian produk atau pengembalian uang (refund). Dengan begitu, kekhawatiran konsumen mendapat resiko kerugian bisa dihilangkan. Kalaupun produk tidak memuaskan, mereka masih bisa mendapat garansi yang ditawarkan.
4. Buat konsumen lebih mudah menemukan bisnismu
Kamu harus membangun online presence yang kuat. Karena, semakin mudah bisnis kamu ditemukan, semakin besar kredibilitas bisnis kamu.
Nah, bagaimana cara membangun online presence yang bagus? Begini caranya:
- Buatlah website untuk bisnis kamu
Jadikan website sebagai pusat identitas bisnis kamu di internet. Karena di sana kamu bisa memperkenalkan bisnis kamu, menampilkan produk dan layanannya, serta mengumumkan informasi penting terkait bisnis kamu.
- Buat akun media sosial
Gunakan platform media sosial yang sesuai dengan bisnis kamu, baik itu di Facebook, Instagram, atau LinkedIn. Jangan lupa rutin posting konten agar brand kamu terlihat aktif.
- Daftarkan bisnis kamu di Google Bisnisku
Sehingga, bisnis kamu tidak hanya muncul di Google Search tapi juga Google Maps.
5. Gunakan platform yang aman
Kredibilitas bisnis juga bisa diukur dari seberapa aman konsumen bisa melakukan transaksi dengan bisnis kamu. Bahkan, platform yang sudah besar dengan banyak pengguna pun tidak otomatis menjamin keamanannya lho. Risiko keamanan masih bisa terjadi. Sama halnya jika transaksi di website kamu tidak aman, tentu bisnis kamu akan dianggap tidak kredibel.
Lalu, bagaimana cara membuktikkan bahwa konsumen aman untuk melakukan transaksi di website kamu?
Dalam hal ini, kamu perlu memasang HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) pada website kamu. Singkatnya, HTTPS adalah protokol pertukaran data yang dapat mencegah hacker untuk mengintip data transaksi di website kamu.
Website yang sudah menggunakan HTTPS biasanya ditandai dengan logo gembok di address bar dan juga HTTPS di URL websitenya.
Kalau kamu, apa yang kamu lakukan dalam hal meningkatkan kredibilitas bisnismu, Sisters?