Sisters, bagi kamu para pecinta belanja online, pasti paham bahwa produk yang ditawarkan di e-commerce dan marketplace saat ini sudah semakin banyak. Hal ini membuat para pelaku bisnis perlu lebih inovatif dalam hal packaging produk.
Mungkin kesannya sepele, tapi packaging merupakan bagian dari identitas brand yang membantu konsumen membedakan produkmu dengan produk lainnya. Jadi, memang harus dirancang semenarik mungkin, Sisters.
Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu kamu perhatikan dalam merancang packaging untuk meningkatkan penjualan, seperti dikutip dari Tribunnews.com. Check it out!
1. Sesuaikan dengan target pasar
Jika target pasarmu punya minat khusus terhadap isu lingkungan hidup, maka kamu bisa mempertimbangkan kemasan yang memperhatikan isu ini.
2. Perhatikan biaya
Dalam membuat alokasi biaya, penting bagi kamu untuk menyesuaikannya dengan target pasar yang ingin diraih. Karena biaya pembuatan kemasan ini nantinya akan memengaruhi harga jual produk.
3. Rancangan desain dan bentuk kemasan
Sebaiknya buatlah desain visual, warna, font, dan logo yang mencerminkan filosofi merekmu.
Cobalah warna cerah yang banyak diminati dan mudah mencuri perhatian konsumen, atau warna gelap untuk mempresentasikan produk dengan kesan mewah.
Jika kamu menjual produk yang membutuhkan sertifikasi, jangan lupa cantumkan sertifikasinya, seperti logo halal atau BPOM.
4. Gunakan teknik storytelling untuk copywriting
Kamu bisa juga menggunakan teknik storytelling untuk membangun cerita autentik di balik sebuah produk agar dapat merajut emosi konsumen.
Lewat cara ini, kamu bisa membangun koneksi yang lebih erat dengan konsumen karena menggunakan pendekatan yang lebih personal.
Misalnya, kamu bisa menjelaskan secara singkat mengenai bahan baku produk, proses pengolahan, hingga dampak produk yang dijual terhadap ekonomi lokal. Tambahkan pula ilustrasi yang menarik dan kreatif agar cerita yang disampaikan menjadi lebih kuat.
5. Ciptakan nilai tambah
Dalam hal kemasan, nilai tambah ekonomi yang bisa dipertimbangkan misalnya, kemasan dapat dipakai untuk keperluan lainnya, seperti tas belanja ataupun kotak penyimpanan.
Sementara dalam hal nilai tambah sosial, kemasan tersebut dibuat dengan pertimbangan dampaknya, seperti kemasan ramah lingkungan.
Nah, itu dia beberapa hal penting yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam menentukan kemasan yang tepat untuk produkmu demi menarik perhatian konsumen, Sisters.