Sisters, siapa yang belum tahu bahwa aplikasi TikTok mampu meningkatkan bisnismu, termasuk usaha ya g bergerak di bidang fesyen dan kecantikan.
Di tengah masa normal baru, sektor fashion dan kecantikan, termasuk perawatan diri, mulai menunjukkan tren yang positif.
Data dari Kantar Indonesia Beauty Shoppers' Road to Recovery April 2021 terlihat bahwa industri kecantikan mengalami pemulihan, diiringi dengan keinginan konsumen untuk looking good dan feeling good.
Looking good contohnya adalah mengutamakan dandanan di bagian mata yang terlihat saat beraktivitas di luar rumah dengan memakai masker. Sementara untuk feeling good ialah dengan melakukan perawatan wajah di rumah.
"Seiring dengan meningkatnya prioritas kebutuhan masyarakat akan kesehatan, ada penyesuaian prioritas pada kebutuhan akan produk kecantikan," kata Adisti Bramanti, Commercial Director di Kantar Indonesia.
"Menjadi relevan adalah yang terpenting untuk saat ini, di mana target konsumen semakin mencermati setiap produk, apakah produk tersebut cocok untuk kebutuhan mereka saat ini," imbuhnya.
Di TikTok sendiri, ada dua konten top yang menjadi pendorong utama meningkatnya engagement, yaitu fesyen dan kecantikan.
Jika dilihat dari bulan Januari 2020 hingga Januari 2021, terdapat kenaikan sebesar 5 kali lipat untuk views video yang berada di kategori Fashion dan Kecantikan di TikTok Indonesia.
Konten yang relatable bagi pengguna lainnya dan otentik, banyak dikreasikan dan juga diikuti oleh pengguna TikTok, misalnya di tagar #situashion.
Konten yang juga banyak diminati adalah yang memberikan added value kepada pengguna, seperti konten inspiratif dan juga tips lewat tagar #makeuptransformation atau #tipsberpakaian.
Besarnya ketertarikan pengguna TikTok pada konten fashion, kecantikan, dan perawatan ini dapat dimanfaatkan oleh UKM dan brand untuk mengembangkan bisnisnya dan menjangkau target audiens yang lebih luas.
TikTok memang memberikan kesempatan bagi semua bisnis dari berbagai skala, termasuk UKM, untuk terhubung dengan para pengguna platform.
Melalui format video pendek, brand dapat menginspirasi audiens melalui konten kreatif dan interaksi langsung yang didukung oleh solusi-solusi iklan di TikTok.
Siapa di antara kamu yang bisnis dan usahanya dipasarkan di TikTok?