Sisters, seiring perkembangan teknologi yang cukup pesat, persaingan usaha baik usaha kecil maupun usaha menengah pun cukup ketat. Oleh karena itu, saat ini baik usaha kecil maupun menengah berlomba-lomba melakukan digitalisasi usaha. Hal itu bertujuan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih.
Banyak sekali UMKM yang mengembangkan usahanya menggunakan teknologi berbasis internet, seperti: membuat website untuk melakukan digital marketing sampai dengan memiliki E – Commerce. Nyatanya, digitalisasi UMKM dinilai memiliki banyak manfaat.
Nah, lalu, apa saja manfaat digitalisasi UMKM? Berikut adalah 5 manfaat digitalisasi UMKM bagi yang perlu kamu ketahui.
Menghemat Biaya Pemasaran
Pastinya, digitalisasi UMKM membantu pelaku bisnis UMKM untuk menghemat biaya pemasaran. Hal tersebut karena biaya pemasaran menggunakan digital marketing dinilai cukup terjangkau bagi pelaku usaha kecil dibandingkan menggunakan pemasaran secara konvensional.
Jangkauan Pemasaran yang Lebih Luas
Bukan rahasia lagi, digitalisasi UMKM memungkinkan pelaku usaha memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas bahkan bisa sampai ke pelosok negeri. Selain itu, UMKM juga dapat menjangkau pengguna smartphone yang semakin marak.
Seperti yang kita ketahui, perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih menyukai belanja online dibandingkan konvensional membawa keuntungan tersendiri bagi UMKM. Artinya UMKM dapat menggunakan website dan aplikasi mobile sebagai sarana untuk memasarkan produknya.
Pendapatan Semakin Meningkat
Pastinya, semakin luas jangkauan pemasaran suatu bisnis maka penghasilan pun akan meningkat. Hal tersebut karena semakin luas jangkauan pemasaran akan diiringi dengan peningkatan penjualan. Apalagi jika pelaku bisnis UMKM menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya.
Memudahkan Pelaku UMKM untuk Melayani Konsumen Secara Real Time
Bisa dikatakan, digitalisasi UMKM ini cukup memudahkan pelaku UMKM. Hal tersebut karena pelaku bisnis UMKM dapat melayani konsumen secara real time meskipun dalam jarak jauh.
Pastinya, konsumen yang dilayani secara real time akan senang dan bisa jadi menjadi pelanggan tetap. Jadi, bagi kamu yang akan merintis bisnis UMKM secara digital, pastikan untuk memberikan layanan terbaikterbaikmu dan secara real time.
Memiliki Kesempatan Bersaing dengan Bisnis Berskala Besar
Tentu saja, setiap usaha pasti ada persaingan bisnis. Namun, sebelum ada digitalisasi marketing, pelaku bisnis UMKM tidak memiliki kesempatan untuk bersaing dengan bisnis berskala besar. Hal itu terjadi karena produk UMKM kurang dikenal oleh konsumen.
Nah, dengan adanya digitalisasi UMKM ini, produk yang ditawarkan UMKM lebih dikenal konsumen karena kemudahan sistem pemasaran digital. Jadi, bagi kamu yang ingin merintis bisnis UMKM jangan takut kalah bersaing dengan pengusaha besar.
Sumber artikel: jagoanhosting.com