Kenapa belajar Instagram marketing disebut cara profesional yang murah? Karena cara ini adalah cara yang juga banyak digunakan oleh pebisnis-pebisnis handal. Instagram marketing sudah menjadi alternatif digital marketing yang menjanjikan di tengah tingginya penggunaan media sosial Instagram. Namun, kamu nggak perlu khawatir, Sisters! Cara profesional yang satu ini tidak memerlukan biaya yang menguras kantong, kok. Biaya yang dibutuhkan masih bisa ditanggung oleh freelancer pemula hingga freelancer profesional.
Langkah pertama untuk belajar Instagram marketing adalah membuat akun Instagram bisnis. Kamu akan memerlukan akun Instagram yang khusus untuk bisnis, bukan akun Instagram pribadi seperti yang biasa kamu gunakan sehari-hari.
1. Buatlah akun Instagram bisnis
Cara membuat akun Instagram bisnis sama dengan cara membuat akun Instagram biasa. Kamu bisa melakukan proses sign up dengan memasukkan data diri, email dan kata sandi. Setelah akun berhasil dibuat, pergi ke bagian pengaturan dan klik menu “Switch to Business Account”. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan beberapa informasi seperti nomor telepon bisnis.
2. Atur username atau nama pengguna akun bisnis kamu
Pastikan kamu menggunakan nama pengguna yang sesuai dengan brand atau jasa yang kamu tawarkan. Contoh nama pengguna yang baik adalah @terjemahdarilily untuk freelancer bernama Lily dengan jasa yang ditawarkan adalah jasa penerjemah. Contoh lainnya adalah @tulisanrangga untuk writer freelance bernama Rangga. Kamu perlu memasukkan jenis jasa dan nama kamu agar orang-orang bisa lebih mengerti bahwa akun tersebut adalah akun seorang freelancer di bidang apa. Akun ini juga bisa menjadi portofolio kamu.
3. Gunakan foto profil yang merepresentasikan jasa freelance kamu
Setelah memiliki akun Instagram bisnis, kita lanjut belajar tentang Instagram marketing berikutnya. Hal dasar dari Instagram marketing adalah dua tools ini, insights dan promote. Tools insight adalah tools yang bisa kamu gunakan untuk melihat informasi-informasi penting tentang akun bisnis kamu. Dari tool ini, kamu bisa melihat jangkauan dan engagement masing-masing unggahan. Kamu juga bisa mengetahui beberapa informasi demografis para audience. Tool promote adalah fasilitas dari Instagram untuk mengiklankan unggahan kamu. Meskipun terlihat sederhana, iklan di Instagram memiliki pengaruh yang cukup besar, lho. Kamu juga bisa membidik kalangan tertentu sebagai target audience iklan kamu. Target kalangan bisa kamu ambil berdasarkan hasil analisis dari insights.
Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba terapkan dalam Instagram marketing.
- Unggah postingan yang sesuai target pasar
- Gunakan visualisasi yang menarik
- Terapkan teknik penulisan caption yang memikat
- Pilih hashtag yang sesuai
- Perkuat Instagram presence kamu
- Manfaatkan IG Story
Kalau kamu, sudah sejauh mana memanfaatkan Instagram Marketing, Sisters?
Sumber: jagoanhosting