Hai Sisters!
Salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan penjualan adalah berkolaborasi. Selain itu, berpotensi memperluas jangkauan pasar.
Meskipun begitu, sebaiknya jangan sampai asal melakukan kolaborasi, ya, Sisters! Karena jika kamu salah langkah dalam menentukan rekan bisnis, akibatnya bisa menperburuk kelangsungan bisnismu.
Yuk, simak tiga hal penting di bawah ini sebelum kamu melakukan kaborasi.
1. Lakukan riset terlebih dahulu
Hal ini penting untuk menentukan besarnya peluang dan kecilnya risiko saat bekerja sama.
Melalui riset, kita juga bisa mengetahui bagaimana cara menggabungkan brand dan menemukan keunikannya serta power-nya masing-masing.
2. Bangun konunikasi dan diskusi yang baik dengan rekan kolaborasi
Tiap brand memiliki “jiwa”-nya masing-masing. Jadi hendaknya saling memperhatikan jati hal tersebut agar bisa memperoleh win-win solution agar sama-sama kuat dan unik.
3. Saling percaya
Kamu dan rekan kolaborasi bisnismu harus paham kekuatan dan kelemahan masing-masing, karena itu yang akan saling dibenahi.
Jika sampai ada salah satu yang menyalahgunakan kepercayaan, bukan hanya satu brand yang akan merugi, tapi kedua brand yang kamu jalani bersama rekan bisnismu.
Dengan langkah kolaborasi yang tepat, pelaku UMKM bisa menghasilkan produk baru dengan nilai tambah lebih serta menciptakan ikatan dengan pemilik bisnis lainnya yang dapat membuat usaha lebih berkembang.
Selamat berkolaborasi, Sisters!