Hai Sisters! Kamu sudah pernah dengar Google Keyword Planner Tools? Ini adalah salah satu alat untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya tool ini digunakan untuk keperluan iklan dan optimasi website yang mulanya dikembangkan untuk memaksimalkan pembuatan iklan di Google Ads oleh para pebisnis.
Walau begitu, kamu tetap bisa mengaksesnya tanpa perlu membuat iklan di Google Ads, lho. Kamu hanya perlu membuat akun saja tanpa perlu memasang iklan.
Lalu bagaimana tips dan trik memaksimalkan penggunaannya? Simak, yuk!
Agar penggunaan Google Keyword Planner Tools bisa lebih maksimal, kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips dan trik berikut:
1. Atur lokasi pencarian
Pastikan kamu sudah memasukkan lokasi pencarian yang tepat. Kalau bisnis kamu berada di Indonesia dan target kalangan iklannya adalah warga Indonesia maka atur lokasi pencarian di wilayah Indonesia. Begitu pula untuk lokasi lainnya. Pengaturan lokasi pencarian akan membuat kata kunci yang dihasilkan bisa lebih tepat sasaran.
2. Gunakan kata kunci yang paling potensial
Google Keyword Planner akan memberikan banyak saran kata kunci. Cobalah analisis semua kata kunci yang disarankan dan pilihlah kata kunci yang paling potensial.
3. Coba sinonim dari kata kunci awal
Jika kamu merasa kata kunci yang disarankan terlalu sulit untuk dibidik, kamu bisa mencoba kata sinonim dan kata kunci awal yang kamu masukkan. Teknik ini juga bisa membuat saran kata kunci menjadi lebih luas.
4. Coba analisis perangkat yang digunakan
Salah satu keunggulan dari Google Keyword Planner adalah kamu bisa melihat perangkat yang banyak digunakan orang saat mencari kata kunci tersebut. Kamu akan tau apakah calon pelanggan kamu menggunakan handphone, laptop atau perangkat lainnya untuk mencari kata kunci tersebut. Informasi ini bisa sangat berguna, lho.
Selain bisa mengecek saran kata kunci untuk website sendiri, kamu juga bisa melakukan analisis untuk website kompetitor. Kamu bisa melakukan riset kata kunci kompetitor dan merebut kata kunci tersebut sebagai kata kunci yang akan kamu bidik.