Hai Sisters! Pandemi Covid-19 membawa pengaruh yang cukup berat bagi para pelaku UMKM.
Untuk dapat terus bertahan, pegiat UMKM harus terus melakukan inovasi untuk meningkatkan omzet meski ditengah situasi pandemi Covid-19.
Salah satu caranya, adalah beradaptasi dengan teknologi yang kian canggih, seperti keberadaan marketplace dan media sosial di era digital seperti saat ini.
Ada 4 hal yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan omset bisnis online pada 2021 mendatang menurut Bitlabs, berikut daftarnya :
1. Riset tren produk
Pertama-tama, penting bagimu untuk untuk mengetahui apakah produk yang akan dipasarkan merupakan produk yang dicari banyak orang atau tidak.
Apabila ternyata produk yang kamu pilih tidak ada peminatnya, tentunya akan menjadi sia-sia bukan?
Nah selain itu, produk yang tepat dengan perencanaan harga jual yang sesuai akan membantu Anda mendapatkan keuntungan yang melimpah tanpa harus takut rugi dalam biaya promosi.
2. Maksimalkan channel marketplace
Marketplace merupakan wadah terbaik bagi para pemula untuk berbisnis online di masa kini.
Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, ada cara-cara yang tepat untuk menggunakan marketplace.
Misalnya, seperti memilih judul penjualan produk yang banyak dicari konsumen, meletakkan iklan di marketplace yang tepat, atau menggunakan gambar yang kredibel dan meyakinkan.
Dengan adanya gambar yang lebih meyakinkan, akan lebih menarik konsumen walaupun harga jual yang Anda miliki lebih tinggi dibandingkan dengan lapak lainnya.
3. Optimalkan kreativitas marketing di Instagram
Selain ada marketplace, sosial media juga menjadi salah satu channel terbaik untuk berbisnis online.
Ada beberapa cara untuk memaksimalkan omset melalui platform Instagram. Diantaranya adalah dengan membuat nama akun Instagram yang sesuai, unik dan menarik konsumen, riset konten yang akan dibuat, atau menggunakan hastag yang tepat.
Membuat akun Instagram tidak bisa asal-asalan, kamu dapat melakukan riset terhadap kata kunci apa yang paling sering dicari oleh market produk yang akan dijual.
4. Bentuk strategi sebelum membuat website
Diantaranya dimulai dari pencarian nama website yang mudah diingat, memancing calon pengunjung untuk mampir ke website-mu dan mau memberikan data seperti email atau nomor telepon, hal ini menjadi penting karena dengan adanya data-data tersebut, kamu dapat sekaligus menawarkan produk lain tanpa harus mengeluarkan biaya promosi.
Kecepatan website yang ringan saat dibuka, serta kata kunci apa yang di target dalam artikel website juga penting agar website bisa muncul di halaman pertama Google.