Sisters, tak bisa dipungkiri bahwa bisnis online berkembang pesat dan cepat di era digital seperti sekarang ini. Tidak perduli sudah berapa lama usia bisnismu, apapun produk bisnis online kamu, (makanan, sayuran, pakaian, aksesoris, alat-alat kesehatan), membuat konsumen datang dan melakukan pembelian adalah menjadi fokus penting.
Lalu bagaimana cara agar bisnis online kamu tidak pernah sepi konsumen? Bagaimana cara agar angka penjualan bisa tetap stabil atau meningkat? Bagaimana caranya agar omzet penjualan bisnis kamu bisa naik walaupun ekonomi saat ini melambat?
Yuk, simak ulasan berikut ini!
1. Pelajari target pasar
Tentukan siapa target pasar utama atau pembeli produk yang kamu jual. Lalu, apakah ada target pasar baru yang ingin kamu sasar? Nah, luangkan waktu untuk mempelajari semua itu.
Ingat ya, apabila kamu ingin sukses di dunia bisnis online, maka kamu harus memahami dengan baik siapa yang paling tepat menjadi konsumen kamu. Cara ini akan mempermudah kamu mencapai target penjualan yang diinginkan. Pastikan kamu mempelajari calon konsumen bisnis kamu dengan baik. Pahami bagaimana perilaku dan kebutuhan konsumsi mereka terhadap produk kamu.
2. Bangun reputasi lewat testimoni
Dalam dunia belanja online, konsumen memiliki kebiasaan melakukan perbandingan, termasuk membaca ulasan dari pembeli sebelumnya. Nah, kamu bisa menjadikan ini semacam strategi untuk meningkatkan penjualan.
Pastikan kamu memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memberikan ulasan mereka setelah membeli produk kamu. Tentunya, untuk mendapatkan ulasan yang positif, kamu harus memperhatikan kualitas produk dan memberikan layanan yang memuaskan.
Jika selama ini produk jualanmu minim review atau ulasan, kamu dapat mengingatkan customer kamu dengan ramah melalui note yang tertera di paket produk atau kirimkan pesan langsung.
3. Permudah sistem pembelian
Ingat, Sisters, dalam dunia belanja online semua orang menginginkan proses yang cepat, mudah dan aman. Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan sistem yang mudah diakses oleh pembeli mulai dari akses detail informasi, foto, harga produk hingga pilihan pembayaran. Semakin simpel sistem yang kamu terapkan, maka akan semakin senang konsumen datang berbelanja.
4. Beri kenyamanan dan garansi
Sebagai penjual, kamu harus mampu meyakinkan calon pembeli untuk melakukan pembelian produk kamu lagi dan lagi. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyampaikan keunggulan produk kamu dengan baik, menjaga kualitas atau rasa produk serta berikan layanan maksimal. Tujuannya agar konsumen merasa nyaman dan happy saat membeli produk kamu. Biar lebih maksimal dalam meyakinkan pelanggan, kamu bisa memberikan layanan garansi uang kembali atau ganti produk baru. Semua upaya ini perlu dilakukan agar konsumen tidak ragu membeli produk yang kamu jual.
5. Kreatif dalam promosi
Usahakan untuk kreatif ketika mempromosikan produk jualanmu. Jangan ragu gunakan bantuan influencer untuk mempopulerkan bisnis online-mu.
Di Indonesia, influencer sosial media memiliki kekuatan tersendiri untuk meningkatkan penjualan. Para influencer mampu membuat sebuah produk dikenal luas dalam sekejap. Tentunya, hal ini akan membantu kamu menjangkau pasar konsumen yang baru dan lebih luas dari sebelumnya. Selain influencer, pastikan kamu rutin melakukan promosi di sosial media. Buatlah konten yang menarik sekaligus memberikan informasi tentang produk kamu. Khusus soal promosi ini, kreatif tidak harus mahal, cukup sesuaikan saja dengan bujet promosi kamu dan lakukan yang terbaik.
Membangun bisnis online yang laris manis dengan omzet penjualan yang maksimal tentu menjadi impian semua pebisnis. Hal ini sebetulnya tidak sulit diraih apabila kamu sudah memahami caranya sejak awal. Semangat, ya, Sisters!