Hai Sisters! Tak terasa kita berada di pertengahan tahun 2020. Sayangnya, pandemi virus corona belum usai. Bagi para pedagang, situasi ini membuat tantangan berbisnis jadi lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Apapun jenis bisnis atau usaha yang kamu geluti, misalnya jual makanan, pakaian, maupun alat-alat protokol kesehatan, jangan putus asa bila omzet penjualan turun. Tetap semangat berusaha dan pastikan kamu menerapkan strategi bisnis yang tepat dan relevan dengan situasi terkini agar omzet bisa terkerek naik.
Lalu apa yang harus dilakukan ketika omzet penjualan turun di kala pandemi? Sebagai pebisnis, kamu tak perlu panik dan stres berlebihan menghadapi penurunan omzet.
Simak strategi jitu yang dapat meningkatkan kembali omzet usahamu ini yuk1
1. Lakukan Evaluasi serta Analisis Tren Pasar
Lakukan review dan evaluasi laporan penjualan dan analisa tren pasar terkini. Cara sederhananya, cek data penjualan selama 6 bulan terakhir. Temukan faktor yang membuat penjualanmu naik dan turun. Dari data ini, Anda bisa membuat kategori dari setiap produk yang kamu jual, misalnya kategori best seller dan bad seller. Selanjutnya lakukan analisa pada tren pasar terkini. Analisa tren pasar ini tujuannya untuk menentukan strategi marketing yang akan digunakan untuk menjual stok produk yang masuk dalam kategori bad seller. Dari hasil dari evaluasi dan analisa tren pasar, kamu bisa mendapatkan data dan ide baru untuk membuat strategi promosi maupun strategi peningkatan kualitas produk.
2. Buat Program Flash Sale
Umumnya flash sale ada di momen tertentu seperti tahun baru atau lebaran. Tapi, jangan salah, kamu bisa membuat program flash sale diluar hari-hari besar. Misalnya, program flash sale di awal bulan untuk mendapatkan momen gajian atau sebaliknya, flash sale di momen tanggal tua agar orang bisa merasa lebih hemat pas belanja. Secara umum, semua orang suka dengan diskon. Jadi rajin-rajinlah membuat program promosi seperti flash-sale untuk menarik pembeli lama maupun pembeli baru berbelanja di tokomu. Kunci sederhana agar jualan laris manis ketika mengadakan program flash sale adalah kreatifitas. Berikan atau kemas promosi flash sale semenarik-mungkin, dan sebarkan secara masif melalui sosial media ataupun email marketing.
3. Buat Program Giveaway
Agar lebih menarik lagi, kamu bisa melakukan promosi berbagi hadiah atau giveaway online setiap minggu atau bulanan. Cara ini sangat jitu untuk membuat bisnismu semakin dikenal masyarakat luas. Tak perlu ragu melakukan giveaway, kamu bisa melakukan test pasar dan melakukan give away dengan hadiah berupa produkmu. Buat giveaway semenarik mungkin, dan tentukan syarat dan ketentuan juga agar kamu mendapatkan benefit lebih. Misalnya ketentuan give away antara lain wajib mem-follow semua akun media sosial tokomu, melampirkan struk pembelian produk atau mem-posting momen spesial dengan memakai produk yang kamu tawarkan.
4. Buat Program Rewards
Maksimalkan kembali promosi online produkmu melalui sosial media. Targetkan lebih banyak lagi pelanggan baru tapi jangan lupa untuk tetap mempertahankan pelanggan lama. Kamu bisa membuat program rewards atau diskon khusus bagi pelanggan setia. Caranya, lakukan pendataan untuk setiap pelanggan yang aktif belanja atau memesan barang/makanan/jasa di tokomu. Lalu, infokan program rewards ini di platform media sosial untuk menarik banyak pembeli. Contoh program rewards antara lain berikan diskon tambahan, maupun hadiah kejutan, dan lain sebagainya.
5. Luncurkan Produk Baru
Produk baru atau varian baru bisa dijadikan sebagai strategi untuk menarik pelanggan agar berbelanja kembali di tokomu. Biar omzet bisnis naik, kamu bisa melakukan promosi launching produk baru melalui program buy 1 get 1 free, dengan ketentuan seperti beli 1 produk yang baru, akan dapat bonus 1 produk lama. Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan program ini dengan sistem pembelian pre-order. Biar makin menarik, kamu bisa memberikan harga pre-order yang lebih murah dari harga normal. Selain itu, untuk meningkatkan antusiasme pelanggan, kamu bisa memberikan bonus tambahan bagi pembeli di masa pre-order.
6. Adakan Promo Paket Bundling
Khusus barang-barang stok lama yang memiliki nilai jual rendah, kamu bisa buat promo paket bundling. Caranya dengan melakukan promo paket bundling. Kamu bisa melakukan mix and match antara barang-barang yang paling laris di pasaran dengan barang-barang stok lama. Keuntungan program promosi dengan strategi ini adalah kamu bisa meningkatkan omzet dengan menjual dan menghabiskan stok barang lama yang masih tersisa.
Nah, gimana, Sisters? Siap dongkrak kembali omzetmu?
Rutin Gelar Promosi dan Tingkatkan Kualitas Penurunan omset penjualan di tengah tahun memang terkadang tidak bisa dihindari. Namun, sebagai pelaku bisnis Anda tidak dianjurkan untuk berdiam diri. Lakukan beragam strategi promosi untuk mengantisipasi penurunan lebih dalam lagi. Maksimalkan usaha promosi Anda, jangan lupa lakukan evaluasi bulanan dan pastikan keuangan usaha Anda tercatat dan terkelola dengan baik.