Hai Sisters! Ada banyak sekali hal-hal yang menurunkan produktivitas kerja. Dalam melakukan rutinitas, ada kalanya seseorang merasa jenuh sehingga kurang bersemangat.
Oleh karena itu, tak heran jika produktivitas seseorang ditemukan tiba-tiba menurun. Untungnya, hal ini tak selalu berlangsung lama. Bahkan, kamu bisa menyiasatinya dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab penurunan produktivitas kerja.
Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa mengurangi kecenderungan munculnya penurunan produktivitas. Tak menutup kemungkinan kamu juga akan lebih produktif, loh!
Untuk itu, Sisternet sudah siapkan informasinya di sini. Yuk, simak!
Hal pertama yang cukup berpengaruh dalam menurunkan produktivitas kerja adalah kurangnya pencahayaan pada ruangan.
Hal kecil ini terkadang kurang diperhatikan, terutama saat sedang menjalankan work from home.
Dengan pencahayaan yang kurang, mata akan lebih cepat lelah sehingga menurunkan produktivitas.
Memang, sebaik-baik pencahayaan adalah pencahayaan alami seperti matahari. Namun, ketika tempat kerjamu cukup tertutup dari cahaya matahari, kamu bisa memilih menggunakan lampu yang cukup terang.
Selain itu, warna lampu juga dapat mempengaruhi hal ini.
Usahakan memilih lampu berwarna putih dan hindari lampu berwarna seperti biru, merah, bahkan kuning.
2. Kurangnya sirkulasi udara
Hal lain yang dapat menyebabkan penururnan produktivitas kerja adalah ruangan yang kurang sirkulasi udara.
Dalam bekerja, tentu membutuhkan kondisi ruangan yang nyaman. Kenyamanan ini salah satunya didukung dari adanya ventilasi.
Ventilasi yang baik pada ruangan akan memberikan sirkulasi udara segar. Hal itu dapat membantu menghilangkan kelembaban dan ketidaknyamanan.
Kurangnya ventilasi untuk sirkulasi udara juga menjadi penyebabmu cepat lelah karena kurangnya oksigen yang dihirup.
Oleh karena itu, usahakan untuk menyediakan ventilasi yang cukup untuk tempat kerjamu.
Kalau tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan AC (air conditioner) atau memilih bekerja di coworking space.
3. Kebisingan
Berbagai pekerjaan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal ini tentu membutuhkan kondisi kerja yang mendukung.
Memang, banyak yang justru lebih produktif kala mendengarkan musik. Namun, beberapa orang lainnya belum tentu.
Oleh karena itu, kamu perlu mengatur kebisingan di tempat kerja agar bisa terkurangi.
Apabila tidak memungkinkan, kamu bisa mendengarkan suara-suara alami yang tersedia di YouTube atau platform lainnya dengan earphone-mu.
4. Perlengkapan yang kurang ergonomis
Alasan lain yang bisa menyebabkan menurunnya produktivitas kerja adalah perlengkapan yang kurang ergonomis saat digunakan.
Kondisi seperti ini sangat mempengaruhi produktivitas untuk jangka panjang.
Karena kondisi yang kurang ergonomis, tubuh menjadi cepat lelah bahkan perlu sering-sering meninggalkan tempat kerja untuk melakukan peregangan.
Hal ini akan sangat membuang waktu dan dapat mengurangi produktivitas.
5. Kelelahan
aktor lain yang sering luput dari perhatian adalah kelelahan. Kelelahan bisa saja terjadi karena beban kerja yang terlalu banyak atau beberapa kondisi yang disebutkan di atas.
Untuk kedua hal ini, kamu bisa komunikasikan permasalahannya kepada HRD atau pihak yang berwenang.
Namun, ada kalanya terdapat faktor internal yang mempengaruhi hal tersebut.
Misal, kelelahan karena kurang tidur akibat menonton drama hingga larut malam atau berkumpul dengan teman.
Punya aktivitas semacam itu sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, kamu perlu mengatur dan membatasi waktunya agar tidak mengganggu waktu istirahatmu.
Itulah penjelasan mengenai hal-hal yang menurunkan produktivitas kerja seseorang. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat lebih mempersiapkan diri terhadap kondisi kerja yang mempengaruhi produktivitas, Sisters.