Hai Sisters! Bagi kamu yang menggeluti dunia bisnis, customer success adalah metode penting untuk dipelajari. Bukannya tanpa alasan, metode tersebut amat berkaitan dengan pengalaman dari pengguna.
Sering kali, pelanggan mengeluhkan berbagai masalah terkait produk yang kita tawarkan, baik itu berupa barang ataupun layanan.
Oleh karena itu, customer success hadir untuk memberikan solusi terkait masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan sehingga bisa menciptakan kepuasan.
Customer success membantu kamu meningkatkan kebahagiaan pelanggan, meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan.
Lantas apa sih customer success itu? Seberapa penting customer success di dalam perusahaan?
Customer success adalah sebuah metode bisnis untuk memastikan bahwa pelanggan telah mencapai hasil yang diinginkan saat menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.
Secara sederhana, apabila kamu telah memiliki pelanggan, kamu harus memaksimalkan pelanggan tersebut agar tetap bahagia dan puas dalam menggunakan produkmu.
Dilansir dari Hubspot, tiga elemen yang dibutuhkan agar customer success berjalan dengan efektif adalah:
1. Customer success solution
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat menggunakan metode customer success maka kamu harus pintar dalam mencari solusi dari setiap masalah yang muncul dari pelanggan.
Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan software seperti HubSpot Service Hub agar terhubung dengan pelanggan sehingga mengetahui masalah mereka dan memastikan bahwa mereka semua merasa puas.
2. Customer success employee
Untuk dapat meneliti masalah dan mengetahui kepuasan pelanggan, tim khusus yang menangani customer success adalah hal yang diperlukan.
Jumlah orangnya tergantung dengan ukuran bisnis yang sumber daya yang tersedia. Namun, apabila perusahaanmu semakin berkembang, sebisa mungkin langsung menambah jumlah anggota untuk customer success.
3. Customer success strategy
Identifikasi tujuan akhir dari pelangganmu. Lalu, buat roadmap untuk menjelaskan tujuan dan bisnismu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Tentukan strategi yang tepat untuk memberikan kepuasan pelanggan. Jangan lupa untuk selalu menganalisis pelanggan terkait kepuasan yang mereka dapatkan.
Nah, sudah siap kah kamu mencari pelanggan setia?