Sisters, dunia bisnis selalu penuh dengan tantangan dan persaingan, bagimu para pebisnis tentu sudah memahami hal ini. Untuk menjangkau pelanggan, berbagai cara kerap dilakukan.
Belakangan ini, mengadakan event online menjadi pilihan banyak pebisnis dan perusahaan dalam mendapatkan konsumen. Hal ini tentu patut dicoba, apalagi jika kamu berniat mendapatkan penjualan yang lebih tinggi ke depannya.
Event online merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian dari para pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengadakan webinar hingga acara workshop online yang mendatangkan narasumber yang ahli di bidang tertentu.
Namun pada dasarnya, event online ini ditujukan untuk aktivitas pemasaran bisnis atau perusahaan. Lalu, apakah kamu sudah bisa membuat event online yang tepat bagi bisnismu?
Berikut ini adalah beberapa poin penting, yang wajib diperhatikan saat akan membuat event online, simak ya!
1. Tentukan peserta yang tepat
Apapun sistem pemasaran yang dilakukan, memilih target pasar yang tepat tentu akan selalu menjadi poin penting. Hal ini juga berlaku saat akan mengadakan event online. Kamu harus bisa menentukan siapa saja yang menjadi target tepat untuk aktifitas yang dilakukan ini.
Apakah target konsumenmu cukup paham dan bisa menjadi peserta event online? Atau, kamu cenderung melihat jika aktivitas ini tidak sesuai dengan karakteristik konsumen bisnismu.
Untuk memahami target yang tepat di dalam event online tersebut, kamu perlu jawaban atas beberapa pertanyaan dasar ini terlebih dahulu, antara lain:
Berbagai pertanyaan di atas dapat Anda kirimkan melalui survey. Kamu bisa mengirimkan survey online ini dalam bentuk kuisioner yang simpel, lalu bagikan melalui media sosial bisnis.
2. Tentukan konsep event online
Sisters, konsep event online tentu akan sangat mempengaruhi kesuksesan event itu sendiri. Kamu harus menentukan konsep yang jelas sejak awal, sehingga bisa merencanakannya dengan lebih matang. Ada beberapa konsep yang dapat kamu jadikan pertimbangan, mulai dari webinar hingga diskusi yang lebih santai.
Dalam kegiatan ini, kamu harus fokus untuk menciptakan sebuah pengalaman yang berbeda (unik) bagi para audiens, dimana hal tersebut belum pernah dilakukan para pesaing bisnis.
Pemilihan tema juga akan menjadi poin yang sangat penting. Kamu bisa membuat sebuah “storyboard” yang sesuai dengan tema ini, agar event online yang kamu gelar semakin menarik secara visual.
3. Pilih platform yang tepat
Untuk mengadakan event online, kamu akan menemukan banyak pilihan platform, seperti: Facebook Livestream, Zoom, Periscope, YouTube Live, dan yang lainnya. Pada dasarnya, semua layanan ini memiliki fitur yang mirip antara satu dengan yang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk membuat event online kamu menjadi jauh lebih menarik.
Namun pastikan kamu memilih platform yang tepat dan sesuai dengan konsep event online itu sendiri. Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan platform ini dengan para audiens yang menjadi target di dalam event tersebut.
Jika ingin lebih mudah, lakukan uji coba gratis terlebih dahulu. Hal ini juga akan memudahkanmu memahami dan menggunakan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.
4. Lakukan di waktu yang paling tepat
Sisters, umumnya event online akan sukses jika diadakan pada akhir pekan di mana sebagian besar orang sedang santai dari rutinitas harian. Namun hal ini juga tetap harus dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti: apakah di hari tersebut ada event olahraga populer yang ditayangkan televisi? Apakah ada acara konser atau pagelaran musik?
Berbagai hal di atas patut menjadi pertimbangan, sebab bisa membuatmu tidak mendapatkan audiens dalam jumlah yang besar. Pilih waktu yang tepat untuk mengadakan event online ini dengan baik.
Bila ternyata kesulitan untuk menentukannya, maka mintalah saran kepada para audiens, kapan kira-kira bisa mendapatkan banyak audiens untuk event tersebut.
5. Lakukan sosialisasi
Selain semua persiapan diatas, sosialisasi juga menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan yang lainnya untuk mempromosikan event online tersebut.
Jangan lupa untuk melengkapi halaman promosimu dengan beberapa hal yang memudahkan audiens, seperti: formulir pendaftaran, profil speaker yang ditampilkan, bahkan video singkat berisi tata cara mengikuti event online tersebut. Gunakan juga hashtag menarik, agar orang lebih mudah untuk tertarik mengikutinya.
Mengadakan event online bisa menjadi pilihan untuk memasarkan bisnis dengan simpel. Pelajari dan pilih konsep yang tepat untuk event online milikmu. Siapkan segala sesuatunya dengan matang, agar event tersebut bisa berjalan lancar dan mencapai target dengan baik. Semangat yuk, Sisters!