Sisters, pekerjaan sebagai call center seringkali dianggap mudah oleh sebagian orang yang tidak bersinggungan langsung dengan pekerjaan tersebut. Anggapan tertersebut sering terlontar karena sebagian orang hanya melihat dari luarnya saja. Padahal di balik kemudahan-kemudahan yang terlihat, disebutkan bahwa call center adalah salah satu pekerjaan dengan tingkat stres tinggi.
Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal dan tantangan yang dialami oleh pekerjanya saat melaksanakan tugas sebagai petugas call center. Di balik semua tantangan yang harus dilakukan oleh semua pekerja call center, tentu menjadi sebuah nilai dan kebanggan tersendiri jika bisa melampaui tantangan tersebut. Untuk semua yang bekerja sebagai petugas call center, jangan berkecil hati inilah beberapa nilai plus yang kalian miliki sebagai petugas call center.
1. Memiliki skill komunikasi yang baik
Komunikasi yang dimaksud disini adalah komunikasi yang efektif, efisien dan mudah dimengerti oleh customer. Karena dalam melaksanakan tugasnya memberikan informasi atas pertanyaan dan keluhan yg terlontar dari customer, seorang petugas call center hanya diberi waktu berbicara selama kurang dari lima menit. Seorang petugas call center juga dituntut untuk bisa berbicara tanpa menimbulkan rasa jengkel customer sehingga customer merasa nyaman terbantu oleh petugas tersebut
2. Manajemen emosi yang baik
Mengapa seorang yang bekerja sebagai petugas call center memiliki manajemen emosional yang baik? karena sudah tentu dalam sehari, seorang petugas call center menerima puluhan telepon dari customer yang tidak saja hanya memerlukan informasi, tidak jarang seorang customer menyampaikan pertanyaan dan keluhan sambil menangis, terburu-buru, nada datar, bahkan kesal sambil teriak dan memaki. Dalam menghadapi situasi seperti ini, tentu sebagai petugas call center yang baik harus tetap tenang, dan profesional dalam melayani.
3. Multitasking
Multitasking diartikan sebagai kondisi dimana seseorang dapat melakukan beberapa kegiatan sekaligus dalam satu waktu. Seorang petugas call center rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi soal kemampuan ini. Sekedar gambaran saja, seorang petugas call center saat menerima telepon dari satu customer, mulutnya sudah harus sigap menyapa selamat pagi, siang, sore, malam sambil terus konsentrasi mendengarkan dan tangannya sibuk mencatat pertanyaan / keluhan dari customer dengan cepat.
Di saat bersamaan selang beberapa detik harus segera mencari data yang apa yang dibutuhkan dan menyampaikan kepada customer dengan baik.
4. Ramah dan hangat
Seperti poin awal di mana seorang petugas call center memiliki skill komunikasi yang baik. Skill komunikasi ini termasuk bagaimana caranya seorang petugas call center tetap terdengar ramah ditengah-tengah suara nasabah yang terus meminta untuk dilayani dengan cepat, di saat kita pun sebagai petugas masih harus menjaga supaya tidak terpancing emosi.
5. Cekatan, cepat, dan tanggap
Karena dalam menjalankan tugasnya seorang petugas call center sangat bermain dengan waktu, maka sudah pasti segala sesuatu yang mereka kerjakan berhubungan dengan pelayanan kepada customer haruslah cekatan dan terselesaikan secara cepat, berbicara cepat, merespon customer dengan cepat dan tepat sasaran.
Karena kemampuan customer handling dalam pekerjaan call center menjadi salah satu poin penilaian, maka sudah pasti jika poin ini tidak ada dalam diri seorang petugas call center, maka akan mempengaruhi skor penilaian terhadap performanya.
Banggalah dengan apa yang sudah kamu kerjakan, karena apapun yang sudah kamu kerjakan dalam profesi apapun itu, pasti akan memberi pengaruh baik untuk diri dan menjadi manfaat yang bisa diterapkan di lain kesempatan, Sisters.