Bekerja dalam tim memiliki tantangan tersendiri. Beda halnya dengan bekerja sendiri, bekerja dalam tim membutuhkan kepekaan dan profesionalitas tinggi antar sesama anggota tim. Jika tidak memilikinya, maka pekerjaan kalian bisa berantakan. Akibatnya, malah bisa memicu retaknya hubungan dengan teman satu tim.
Sebenarnya bekerja dalam tim tidak susah, Sisters. Asalkan kamu mau berempati dan tidak segan meminta maaf jika memang melakukan kesalahan. Selain itu, simak 5 tips lainnya:
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan bersama secara spesifik. Misalnya, penentuan target penjualan dan yang lainnya. Ini sangat berguna untuk menentukan langkah dan strategi selanjutnya.
Agar bisa lebih produktif dalam mencapai mencapai tujuan yang telah ditetapkan, kamu harus mengesampingkan keinginan pribadi. Jika hanya mengikuti kemauan sendiri, kerja sama di dalam tim tidak akan berjalan lancar dan tujuan tidak akan tercapai.
Rasa saling menghormati, menghargai dan saling percaya adalah bekal penting dalam membentuk kerjasama tim yang solid. Sekecil apapun itu, pasti akan berdampak positif terhadap kesuksesan kalian.
Anggota tim pasti terdiri dari beberapa orang dengan karakter berbeda, dan konflik bisa terjadi kapan saja. Sebisa mungkin, setiap masalah harus diselesaikan bersama secara kekeluargaan. Kekompakan menjadi salah satu poin penting jika kamu dan tim ingin meraih keberhasilan.
Guna melakukan review atas pekerjaan masing-masing anggota tim, coba adakan pertemuan secara rutin. Di pertemuan ini masing-masing anggota tim dapat menceritakan progres kerja, sehingga bila ada masalah anggota lain dapat membantu mencari solusinya.
Kalau menurutmu, apa lagi hal-hal yang bisa dilakukan agar sebuah tim dapat sukses?