Sisters, di bayanganmu asalkan punya HP dan nggak gaptek teknologi, membuka usaha online ternyata bukanlah hal yang sulit. Modal materi pun rasanya tak perlu banyak. Menjalankannya apalagi, dari rumah sambil bersantai pun bisa. Tapi kamu juga harus tahu, kalau membangun usaha online pun perlu memperhatikan beberapa hal. Demi usaha lancar dan hati pun tenang.
Semisal menentukan “siapa” konsumen yang disasar. Dengan mengetahui siapa konsumenmu, tentunya akan mempermudah kamu dalam merencanakan produk yang akan dijual. Belum lagi soal jasa pengiriman barang yang kamu pakai. Hmm…. Ribet? Ah, nggak juga kok. Agar makin siap buka toko online, simak tantangan apa saja yang bakal kamu hadapi sebagai pedagang online dalam ulasan berikut ini.
Sisters, bukan hal mudah untuk membuka toko online. Misalnya, kamu harus tahu “siapa” target usahamu. Hal satu ini harus dipikirkan dengan matang, karena dengan mengetahui siapa konsumen yang disasar akan memudahkanmu dalam menentukan produk yang dijual. Mulai dari kualitas barang hingga harga yang diberikan. Jika sudah, kamu harus cari tahu apa keunikan produkmu dibanding produk sejenis yang dijual di online shop lain. Ini penting agar online shop-mu punya ciri khas.
Di era digital seperti sekarang, kamu nggak boleh lupakan branding, lho, Sisters. Karena branding yang menarik tentu akan membuat calon pembeli penasaran dan beli di tokomu. Selain branding-nya disesuaikan dengan produk dan target pasar yang dituju, kamu harus memastikan kalau branding toko online-mu terlihat profesional dan friendly. Kenapa friendly? Karena pembeli online shop selalu senang dengan penjual yang ramah, Sisters.
Pembeli dari toko online pasti nggak sabar menanti kedatangan barang yang dibeli. Maka dari itu, kamu nggak boleh asal pilih jasa kurir pengiriman barang. Pilihlah jasa kurir online yang punya banyak fitur canggih, sehingga memudahkanmu mengirim barang dengan tepat waktu. Kan kalau kirimannya cepat sampai, pelanggan jadi senang. Ujung-ujungnya review toko online-mu pun juga jadi positif.
Nah, Sisters, untuk membantu usahamu, jasa kurir online bisa jadi pilihan. Fiturnya yang canggih pasti akan memudahkan usahamu. Kamu juga nggak perlu ribet dan pelanggan pun jadi tenang menanti produknya.
Mau tahu rahasia agar toko online-mu disukai pembeli? Respon cepat, kualitas barang terjaga, dan teliti ketika mengirim barang. Dengan respon cepat, pembeli merasa sangat diperhatikan dan dilayani dengan baik. Pun demikian dengan kualitas barang yang terjaga. Jangan sampai ketika pembeli menerima barang, eh barangnya salah karena kamu tidak teliti. Karena itu, jangan lupa cek barang yang mau dikirim supaya barang-barang yang cacat tak sampai ke tangan pembeli.
Lantaran cuma lihat barang dari foto atau video, tentu saja ada risiko beda kualitas dengan barang yang sampai, Sisters. Beruntung jika pembelimu adalah tipe orang yang mengetahui risiko belanja di toko online. Sehingga dia memaklumi. Tapi kalau mendapati pelanggan yang sebaliknya, kamu harus sabar menghadapinya. Nah untuk menghadapinya kamu bisa bikin kebijakan pengembalian barang untuk jaga-jaga kalau ada pelanggan yang komplain. Biar kamunya enak, pelangganmu juga punya kepastian.
Sisters, jangan lupa adakan promo-promo di website atau media sosial agar pembeli makin tertarik. Ini penting lo supaya kamu nggak kalah dengan toko online sebelah. Dengan begitu, pembeli selalu antusias belanja di toko online kamu. Bisa saja nanti para pembeli nggak sabar menantikan produk-produk favoritnya di tokomu ketika sedang re-stock deh, Sisters.
Jadi pedagang online susah-susah gampang. Lantaran ada tantangan-tantangan yang harus dijalani selama jualan online. Beruntung di zaman sekarang sudah banyak teknologi yang memudahkan, Sisters.