Hai Sisters! Demi beberapa tujuan yang ingin dicapai sebuah bisnis, mereka harus melakukan pembaruan brand atau biasa dikenal dengan re-branding.
Sisters, merek sebuah bisnis bukan hanya nama dan logo dari bisnis atau perusahan itu sendiri, melainkan artiannya lebih luas, prospek antara pelanggan dengan bisnismu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan melakukan re-branding, kamu sebaiknya mengetahui dan mempersiapkan beberapa hal penting.
Sisters, sebelum kamu mengubah citra, penting bagimu untuk memahami dengan jelas misi dan nilai-nilai bisnismu. Pertimbangkan dan nilai apa yang membuat perusahaanmu istimewa. Mengapa perusahaanmu ada, dan nilai-nilai apa saja yang penting?
Banyak bisnis tidak memiliki kemewahan memulai dari yang bersih. Jika kamu melakukan perubahan sebagian, pastikan untuk memperhitungkan aset merek yang ada. BrandExtract, sebuah perusahaan branding yang berpengalaman menjelaskan kenapa branding yang konsisten penting, dengan mengatakan:
“Merek yang konsisten membantu meningkatkan nilai keseluruhan perusahaanmu dengan memperkuat posisimu di pasar, menarik pelanggan berkualitas lebih baik dengan tingkat retensi yang lebih tinggi dan meningkatkan nilai produk atau layanan. Sebaliknya, perilaku yang tidak menentu dan tidak konsisten dengan cepat menyebabkan kebingungan dan ketidakpercayaan,” katanya.
Sebelum kamu mengubah citra, lakukan uji tuntasmu, Sisters. Cari tahu apa yang dilakukan pesaingmu. Tentukan bagaimana kamu berdiri terpisah dari pesaing, dan apa proposisi nilai sejatimu, Sisters. Penting sekali agar merek barumu menjadi segar dan relevan, tetapi tidak pada saat itu sehingga akhirnya tampak terlalu cepat tertanggal.
Merekmu mungkin menjadi salah satu aset bisnis yang paling penting, tetapi sama berharganya orang-orang yang membantu mengembangkan bisnismu setiap hari. Sertakan suara dari mereka semua. Beberapa ide terbaik dan umpan balik paling berharga berasal dari departemen yang mungkin tidak kamu harapkan.
Pengubahan nama sering kali merupakan upaya yang rumit dan panjang. Tanpa rencana yang baik dan kesiapan, pengubahan merek dapat dengan cepat keluar dari rel. Tetapkan tenggat waktu dan persiapkan semuanya dengan pikiran yang matang, Sisters.
Bahkan rebrand paling luar biasa terbuang jika kamu tidak pernah benar-benar meluncurkannya. Pastikan kamu merencanakan peluncuran merek ulang dan bersiap untuk menjelaskan mengapa kamu melakukan rebranding. Jangan buat pelangganmu kebingungan dengan rebranding yang kamu lakukan, publikasikan secara meluas.
Pengubahan nama adalah pernyataan komitmen bisnismu untuk semakin tumbuh. Perubahan tidak pernah mudah, tetapi kadang-kadang, perubahan dapat membawamu ke jalan yang lebih baik.