Sisters, melakukan promosi bisnis secara online merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan angka penjualan yang maksimal. Hal ini dijalankan oleh banyak pebisnis tanah air, barangkali Anda salah satunya. Di antara banyak layanan yang kerap dipilih, email marketing menjadi salah satu yang paling populer dan dianggap efisien.
Selain lebih hemat biaya, email marketing juga dianggap bisa menyasar target yang lebih tepat dan sesuai dengan bisnis itu sendiri, sehingga angka penjualan bisa dicapai dengan lebih mudah.
Namun sebagaimana media promosi lainnya, kamu juga wajib membuat email marketing yang tepat dan sesuai dengan kepentingan bisnis. Hal ini akan membantumu mencapai tujuan promosi bisnis tersebut dengan lebih mudah.
Email marketing haruslah menarik dan bisa mendatangkan angka penjualan di dalam bisnis, sehingga penting untuk membuatnya dengan langkah yang tepat.
Berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib kamu pahami ketika membuat email marketing:
1. Mulai dengan Kata “Mengapa”
Mengapa mengirim email tersebut? Kenapa orang harus membaca email yang kamu kirimkan? Kenapa orang harus membeli produkmu?
Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menjadi poin penting yang harus dipahami sejak awal, sehingga kamu bisa membuat email yang benar-benar menarik dan memberi respon positif bagi penerimanya. Kamu harus bisa membuat penerima merasa perlu dan ingin sekali membuka email tersebut, bahkan dalam beberapa detik pertama setelah mereka menerimanya.
2. Sampaikan Pesan dengan Jelas dan Mudah
Pembaca tidak akan tertarik dengan email yang panjang dan terlihat membosankan, kamu harus menghindari yang seperti ini. Tulislah email yang bisa menyampaikan pesan dengan detail, namun sekaligus menarik untuk dibaca dengan mudah. Sampaikan poin penting dengan jelas, sehingga tujuanmu bisa ditangkap dengan cepat.
Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah, seperti: penggunaan paragraf pendek, pemakaian bold pada keyword, pemakaian ilustrasi atau gambar pendukung, dan yang lainnya.
3. Pakai Kalimat Aktif
Jangan gunakan kalimat pasif di dalam email, sebab hal ini akan menutup peluang kesuksesan dalam pemasaran ini. Gunakan kalimat aktif dan mudah dipahami, sehingga pesan tersampaikan dengan baik. Hal ini akan mempermudahmu membangun kepercayaan pembaca, termasuk mendapatkan respon yang lebih besar dalam bentuk pembelian dari mereka.
4. Gaya Bercerita
Bangunlah komunikasi yang hangat melalui email. Gunakan gaya bercerita di dalam email, seolah-olah sedang berhadapan langsung dengan pembaca. Hal ini akan membuatmu lebih mudah mempengaruhi pembaca dan membuat mereka mendapatkan respon positif dari email tersebut.
5. Jangan Gunakan Jargon
Jargon bisnis bukanlah sesuatu yang tepat untuk kamu sematkan di dalam email marketing, termasuk berbagai istilah asing lainnya. Upayakan untuk selalu menggunakan kata yang familiar dan mudah dipahami oleh banyak orang, sehingga pesan tersampaikan dengan lebih mudah.
6. Buat desain yang menarik
Jangan lupa untuk membuat desain email semenarik mungkin, tanpa menghilangkan kesan profesional sama sekali. Hal ini akan membuat respon penerima menjadi lebih positif dan tertarik untuk membacanya secara detail.