Sisters, pasca gempa 6,4 Skala Richter di Lombok, Minggu 29 Juli lalu, jaringan dan layanan XL Axiata tetap normal. Pelanggan dan masyarakat tetap bisa mengakses layanan XL Axiata di seluruh Lombok, termasuk di lokasi-lokasi terdekat dengan pusat bencana.
Meski demikian, sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan oleh tim teknis di lapangan, antara lain untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tim XL Axiata di Lombok juga telah siap mengirimkan bantuan darurat untuk warga yang menjadi korban, berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat. Termasuk dalam paket bantuan ini adalah penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis.
Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyiapkan backup genset portable, memastikan semua genset permanen sudah penuh terisi solar. Hal ini dilakukan jika sewaktu-waktu aliran listrik terputus. Selain itu, tim teknis juga menyiapkan opsi redirect coverage dari site terdekat atau bahkan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang membutuhkan.
Di wilayah Lombok Timur, XL Axiata memiliki sekitar 720 BTS, sebanyak lebih dari 470 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.
XL juga memberikan bantuan berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat tersebut akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan. Selain itu juga akan disalurkan segera bantuan berupa makanan, air mineral, obat-obatan, selimut, terpal, dan tenda.
Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata berkoordinasi dengan aparat terkait. Lokasi penyaluran bantuan akan dipioritaskan melalui posko bantuan yang dibuat pemerintah daerah. Antara lain di wilayah Lombok Utara, yaitu Desa Sambik Elen dan Dusun Loloan. Sementara itu di Kab. Lombok Timur ke Posko di Kecamatan Sembalun dan Sambelia.