Hai Sisters! Bekerja di kantoran kadang bisa sangat ‘tricky’, lho! Terutama dalam hal bertutur kata. Dimanapun dan kapanpun, kita harus menjaga tutur kata kita, tidak terkecuali dalam dunia kerja. Salah-salah omong, justru akan membuat kredibilitas kamu turun di mata atasan dan rekan kerjamu. Nah, ada kalimat-kalimat yang harus kamu hindari saat kamu bergaul di kantor agar kamu terlihat pandai. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!
Sisters, dengan mengatakan "Saya tidak bisa" maka kamu akan membuat orang-orang berpikir bahwa kamu tidak bersedia atau tidak mau mengerjakan tugas tersebut. Jika kamu benar-benar tidak bisa melakukannya karena bukan keahlian kamu, setidaknya tawarkan alternatif solusi. Daripada bilang tidak bisa, lebih baik tawarkan apa yang kamu bisa. Misalnya, daripada kamu bilang "Saya tidak bisa tinggal untuk lembur malam ini", lebih baik kamu bilang "Saya akan datang besok lebih pagi". Selain kamu tidak akan keberatan, mereka yang mendengarnya akan mendapatkan solusi.
Menyalahkan orang bukanlah ide yang baik, Sisters. Jadilah pribadi yang bertanggungjawab. Jika kamu terlibat dalam suatu kekacauan di kantor, seberapapun kecilnya keterlibatan kamu, akuilah. Jika kamu tidak terlibat, jelaskan apa yang terjadi tanpa memihak pada siapapun. Kamu bisa mengatakan kebenaran dan fakta yang kamu ketahui dan biarkan bos kamu yang menarik kesimpulan sendiri tentang siapa yang patut untuk disalahkan, bukan?
Dengan kamu berkata “Ini bukan tugas saya”, maka hanya akan membuat kamu terlihat seolah-olah hanya bersedia melakukan pekerjaan sesuai gajimu dan tidak mau membantu. Harusnya jika bosmu meminta kamu untuk menyelesaikan tugas di luar job desk-mu, selesaikanlah dengan penuh semangat. Lagipula, jika kamu mengerjakan pekerjaan yang bukan tugasmu akan membuat kemampuan kamu menjadi lebih berkembang dan tidak mandek di situ-situ aja, Sisters. Jadi kamu akan mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa kamu serap.
Hidup memang terkadang tidak adil, Sisters. tetapi dengan kamu mengatakan "Itu tidak adil", hanya akan membuat kamu terlihat tidak dewasa. Dalam dunia kerja, kata-kata seperti ini hendaknya kamu hindari, apapun masalah yang kamu hadapi harusnya kamu bisa selesaikan dengan dewasa, bukan?
Kalimat ini juga harus kamu hindari saat ditugaskan sesuatu oleh atasan kamu. Kalimat "Saya akan berusaha mencoban" hanya akan terdengar tentatif dan mengesankan kamu tidak bisa menyelesaikannya. Jika kamu diberi tugas oleh atasan kamu, hendaknya kamu bertanggung jawab melakukannya. Setidaknya kamu mencobanya tanpa harus bilang “mencoba” Tapi, jika kamu memang tidak mampu, coba tawarkan alternatif lain. Tapi lebih baik jangan katakan "mencoba", karena malah akan membuat kamu tidak ingin berusaha mencobanya, Sisters.
Di dunia kerja, jangan suka meremehkan rekan kerjamu, Sisters. Jika kamu berhasil menyelesaikan tugas kamu dengan baik, kamu tidak perlu pamer. Akan selalu ada rekan kerja di kantor yang memiliki keterampilan di bawah kamu. Alih-alih kamu mengatakan dia pemalas, mengapa tidak kamu bantu dia agar bisa bekerja dengan baik. Percayalah, meremehkan rekan kerja kamu tidak akan membuat kamu terlihat lebih baik, Sisters.
Nah, mulai sekarang kurangi mengatakan kalimat-kalimat di atas supaya kamu tetap aman dan dikenal sebagai karyawan yang santun di kantor!