Hai Sisters! Untuk menjadi seorang leader atau pemimpin, banyak hal yang harus kita pelajari. Memang, tidak mudah menjadi seorang leader, terkadang kira dipaksa untuk bisa berpikir cepat dan taktis.
Banyak orang bilang, menjadi seorang leader juga membutuhkan bakat. Tapi selain itu, kamu juga harus memiliki minat terhadapnya, Sisters. Berikut adalah 5 hal yang wajib dilakukan oleh seorang leader sendiri.
1. Menyampaikan Berita Buruk
Sisters, tak hanya maunya mendengar atau menyampaikan berita menyenangkan saja, menjadi seorang leader harus bisa menyampaikan berita buruk, seperti bila terjadi masalah di dalam perusahaan, pemecatan karyawan yang tidak perform, target perusahaan tidak tercapai, dan hal-hal yang kurang menyenangkan lainnya. Hal ini wajib dilakukan oleh seorang leader, karena para bawahan akan sangat menghargai pemimpin yang langsung memberitakan berita buruk tersebut, lho, Sisters.
2. Memanfaatkan Sumber Daya Yang Ada
Seorang leader akan selalu mengasah kemampuan timnya, Sisters. Ia tidak akan mencari tenaga outsource untuk membantu perusahaan mendapatkan bisnis yang bagus. Bagaimanapun caranya seorang leader harus bisa memanfaatkan tenaga kerja yang ada, dan tentunya mengasah skill karyawan. Hal ini dilakukan agar karyawan bisa lebih berkembang dan maju. Tentunya seorang leader ingin perusahaannya maju dengan karyawan yang berkualitas, bukan?
3. Rasa Syukur
Sisters, menjadi seorang leader yang baik akan selalu mengucapkan rasa syukur dan terima kasih secara langsung. Setelah kerja keras tim terbayar dengan pencapaian tertinggi, atau bahkan sekecil apapun itu, hendaknya seorang leader yang baik akan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim yang telah bekerja sama dan bekerja dengan baik. Beri ucapan selamat dan salam bagi karyawan yang berprestasi, hal itu akan memberikan motivasi yang baik bagi anggota tim atau karyawan yang lainnya, Sisters.
4. Delegasikan Pekerjaan Kepada Orang Yang Tepat
Sisters, jika kamu bekerja di dalam sebuah perusahaan dan menjadi seorang leader, tentunya kamu memiliki waktu untuk berlibur. Pilihlah salah seorang dari tim yang bisa kamu delegasikan untuk mengerjakan pekerjaannmu selama kamu berlibur. Tentunya kamu harus bisa melihat, siapa yang pantas dan cocok untuk melakukannya.
5. Terjun Langsung Ke Lapangan
Seorang leader akan tahu alur pekerjaan timnya bila ia terjun langsung dan melihatnya sendiri. Seorang leader harus tahu managemen perusahaannya secara langsung. Bahkan hingga alur keuangan, pengiriman barang, metode pengirimannya, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar leader bisa mengambil keputusan yang tepat ketika terjadi kendala, Sisters.
Tak mudah memang menjadi seorang leader, tapi kalau kamu terbiasa akan alurnya, kamu pasti bisa, Sisters!