Hai Sisters! Merasa bosan saat bekerja? Tidak ada tantangan baru? Tidak ada motivasi? Bisa jadi karena Sisters merasa tidak memiliki nilai lebih dalam bekerja.
Bisa jadi Sisters 'hanya' terjebak dalam rutinitas bekerja tanpa mendapat nilai lebih.
Nilai lebih yang dimaksud bukan berarti bonus atau kenaikan gaji semata, namun potensi, kemampuan, pengalaman berharga Sisters yang meningkat saat bekerja. Ada 3 cara agar Sisters tidak terjebak dalam rutinitas bekerja, dan mampu memberi nilai lebih pada diri dan pekerjaan. Apa saja?
Sisters pasti merasa bosan jika hanya berkutat dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari. Sekali-sekali cobalah mengikuti pelatihan di luar kantor. Banyak pelatihan dan workshop yang diselenggarakan secara cuma-cuma alias gratis. Tentunya perusahaan tidak akan keberatan jika Sisters mengikuti workshop demi peningkatan kinerja, apalagi jika tidak membutuhkan budget khusus.
Selain itu, Sisters bisa menambah pengetahuan dengan membaca artikel yang ada di internet. Manfaatkan fasilitas internet di kantor untuk mengunduh informasi yang sesuai dengan karier, pekerjaan dan pendidikanmu. Kamu juga bisa belajar dari senior yang sudah banyak berpengalaman di bidang pekerjaannya.
Beruntung sekali jika Sisters tidak hanya berteman dengan rekan satu perusahaan, tapi berteman juga dengan supplier, distributor, maupun instansi pemerintah. Dengan relasi yang baik dengan pihak terkait di luar perusahaan, Sister memiliki kesempatan lebih untuk berkembang dan memiliki kinerja lebih baik.
Dengan berkomunikasi dan bekerjasama dengan pihak luar, Sisters bisa mempelajari ilmu dan pengetahuan baru yang mendukung kinerja. Sebagai contoh, kamu bisa belajar cara bernegosiasi, berkomunikasi, bahkan trik marketing dan perbaikan kualitas kerja.
Jika Sisters tidak banyak memiliki relasi di luar perusahaan, cobalah ikuti komunitas yang sesuai dengan pekerjaan Sisters, seperti milis tentang SDM, dan kualitas. Aktiflah dalam diskusi yang disampaikan dalam milis. Tidak jarang, pengelola milis membagikan file-file pengetahuan yang bisa meningkatkan kinerja dan pengetahuanmu.
Jika Sisters sudah memiliki pengetahuan yang mumpuni, jangan segan berbagi pada rekan satu perusahaan. Kamu bisa berinisiatif untuk mengusulkan program pelatihan internal atau knowledge sharing. Jika Sisters selesai mengikuti pelatihan dan workshop, bagikan ilmu barunya pada rekan satu perusahaan.
Saat perusahaan memiliki program improvement, ikut berperan aktif dalam melaksanakannya, Sisters. Jangan mau hanya jadi pengikut, cobalah menjadi inisiator. Hal ini membuat Sisters tertantang untuk mencari tindakan perbaikan dan improvement yang paling sesuai untuk perusahaan. Dengan menjadi inisiator, kamu akan menghadapi tantangan baru yang membuat pekerjaan jadi tidak terasa jenuh dan membosankan.
Punya cara lain untuk memberi nilai lebih pada diri dan pekerjaan? Yuk share di kolom komentar!