Halo Sisters! Dalam dunia kerja, kepribadian atasan dan bawahan adalah hal yang penting dan menjadi faktor penentu sebuah tim dapat bekerja produktif dan memberikan hasil optimal atau tidak. Salah satu kepribadian yang penting dihadirkan saat bekerja di dalam tim adalah rasa bertanggung jawab.
Dari hasil wawancara dengan Leadership Coach dan Motivator Ainy Fauziyah beberapa tahun silam terkuak 8 ciri pribadi yang bertanggung jawab, di antaranya:
1. Melakukan apa yang ia ucapkan, bukan tidak melakukan apa yang telah ia ucapkan.
2. Komunikatif, baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan maupun klien.
3. Memiliki jiwa "melayani" dengan sepenuh hati sekaligus menghilangkan pemikiran "Siapa yang butuh, dia yang harus menghubungi saya".
4. Menjadi pendengar yang baik termasuk hal-hal yang bersifat masukan, ide, teguran maupun sanggahan yang menunjukkan perbedaan pendapat. Bagaimanapun perbedaan pendapat itu penting, selama untuk kebaikan dalam mencapai sebuah tujuan. Bersikap atau berpikir berbeda bukan untuk saling menjatuhkan apalagi memojokkan.
5. Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang ia lakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
6. Peduli pada kondisi, baik kondisi teman sekerja, anggota tim, atasan, bawahan maupun kondisi kantor.
7. Bersikap tegas. Jika posisi Anda sebagai atasan dan menemukan anak buah tidak bertanggung jawab, sudah seharusnya lah Anda menegurnya. Jika posisi Anda sebagai bawahan dan mendapatkan teman di tim kerja tidak bertanggung jawab, sudah seharusnya lah Anda berbicara langsung dengan yang bersangkutan. Tetapi jika yang bersangkutan tidak juga berubah, maka Anda harus membicarakannya kepada atasan untuk memberikan teguran.
8. Rajin memberi apresiasi. Apresiasi tidak selalu berarti bonus atau kenaikan jabatan, melainkan ucapan terima kasih secara langsung kepada yang bersangkutan di depan tim. "Apresiasi sangat penting sebagai bentuk pengakuan atas kerja keras seseorang yang positif dan bermanfaat," ungkap pengasuh Rubrik Konsultasi Pengembangan Diri Kompas Female ini.
Ainy Fauziyah juga mengatakan bahwa tanggung jawab penting dimiliki setiap pribadi sebagai bagian dari tim kerja, karena bisa membangkitkan rasa memiliki. Setiap karyawan yang mempunyai rasa tanggung jawab di dalam dirinya punya rasa memiliki terhadap pekerjaannya, tim kerjanya dan perusahaan tempatnya berada.
Menurut Ainy, rasa tanggung-jawab ini ibarat virus yang cepat sekali menyebar. Untuk itu, orang yang pertama kali harus memiliki rasa tanggung-jawab itu adalah atasan.
Atasan itu ibarat sebuah cermin. Ketika atasan menunjukkan tanggung jawab, tanpa disadari, ia telah mengajak anggota timnya untuk bertanggung jawab pula.
Kalau atasan sudah menunjukkan tanggung jawab, dan menemukan salah satu anggota tim kurang bertanggung jawab, maka sudah seharusnyalah ia menegur orang tersebut serta menuntutnya untuk lebih bertanggung jawab sebagaimana semestinya.
Tetapi, jika atasan kurang memiliki rasa tanggung jawab, maka jangan salahkan tim jika mereka juga kurang bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan. Saat anggota tim tak memiliki rasa tanggung jawab, mereka pun kurang mempunyai rasa memiliki, baik terhadap pekerjaan, tim kerja, apalagi perusahaan.
Jangan heran jika ada anggota tim yang tak bisa diandalkan dalam bekerja, salah satu faktornya karena virus tanggung jawab ini tidak atau belum menjangkiti mereka. Selain karakter anggota tim, boleh juga dicek apakah atasannya sudah mencontohkan atau menularkan rasa tanggung jawab atau belum?
Foto: pixabay