Hai Sisters! Kamu yang punya usaha, entah itu makanan, minuman, fashion, maupun lainnya pasti pernah mendapat komentar negatif atau review negatif dari pelanggan.
Namun, terasa kurang bijak jika kamu langsung marah dan emosi saat mendapat kritikan dari pelanggan.
Pasalnya, kritikan dan review negatif dari pelanggan justru bisa membuat bisnis kamu makin baik dan berkembang di kemudian hari.
Kritik dari pelanggan bisa jadi bahan evaluasi sehingga bisa memperbaiki apa yang kurang dari bisnis kamu.
Alih-alih langsung marah atau emosi saat mendapat kritik negatif dari pelanggan, berikut langkah bijak yang bisa kamu terapkan.
1. Tetap Tenang
Melansir dari Kompas.com, saat kamu mendapat kritik atau komentar negatif dari pelanggan, jangan langsung marah maupun emosi.
Tetap tenang karena kritik negatif adalah hal umum dalam menjalankan bisnis.
Hindari langsung membuat pembelaan diri di media sosial maupun buruknya menjatuhkan pelanggan yang memberi kritik.
Ingat bahwa kritik tersebut bukan serangan pribadi, melainkan sebuah masukan yang bisa bikin bisnis kamu makin berkembang.
2. Fokus pada Saran dan Kritik
Alih-alih langsung marah, kamu bisa coba dengarkan dan pahami dengan baik apa yang pelanggan coba sampaikan lewat kritiknya.
Kalau kamu merasa belum paham dengan kritik yang mereka sampaikan, jangan ragu untuk minta penjelasan lebih detail.\
Setelah itu, kamu bisa mencari tahu kebenaran dan menindaklanjuti kritik mereka.
3. Tunjukkan Empati ke Pelanggan
Cara bijak menangani kritik yang disampaikan oleh pelanggan adalah dengan berempati, caranya adalah posisikan dirimu sebagai mereka.
Tunjukkan empati dengan cara minta maaf dan komunikasi dengan baik ke pelanggan, jangan lupa ucapkan pula terima kasih atas kritik yang disampaikan.
4. Tawarkan Solusi
Setelah memahami apa yang coba pelanggan sampaikan melalui kritiknya, kamu bisa menawarkan solusi pada mereka.
Misalnya jika pelanggan mengeluhkan kualitas makanan yang mereka beli dari bisnismu, coba beri mereka produk gratis dengan kualitas yang lebih baik.
Selanjutnya, kamu juga perlu mengevaluasi bahan baku produk makanan yang kamu jual agar kualitasnya tetap terjaga sampai ke tangan pelanggan.
5. Beri Apresiasi
Tidak ada salahnya memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan kritik karena bagaimana juga mereka telah membantu bisnismu berkembang.
Kamu bisa mengapresiasi mereka yang telah memberikan kritik membangun dengan pemberian vocer, produk gratis, maupun sampel produk baru.
Nah Sisters, alih-alih langsung emosi dan marah, ada cara bijak menghadapi kritik maupun review negatif dari pelanggan yang bisa kamu terapkan. Semangat ya!